Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros

Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros

Image taken from http://blog.paybill.id
Tanpa disadari seringkali pola pemakaian uang ataupun pembelanjaan seseorang tidak mudah dikendalikan. Karena hobi belanja dapat menimbulkan perasaan bahagia, jika aktifitas tersebut dilakukan dengan rasa senang. Hobi ini umumnya disukai oleh wanita, namun bukan berarti banyak pria yang tidak suka memakai uang untuk berbelanja ataupun membiayai hoby yang dimiliki.

Memakai uang untuk belanja merupakan hal yang wajar dilakukan dalam kehidupan sehari hari kita, namun sebaiknya pola belanja tersebut diataur ataupun direncanakan untuk mencegah pemborosan ataupun membeli barang yang kurang diperlukan yang disebabkan keinginan sesaat untuk memiliki barang dan jasa tersebut. Sebab jika hal ini dibiarkan berlarut larut kemungkinan akan menimbulkan hutang konsumtif yang merenggut masa depan kita.

Seringkali hal tersebut terjadi dalam kehidupan kita tanpa disadari dan berlangsung seperti hal hal lain yang bersifat normal. Namun bila tidak memiliki disiplin dan komitmen yang kuat maka akan sulit merubah kebiasaan tersebut diatas, berikut langkah langkah yang dapat dilakukan untuk merubah kebiasaan bebelanja tersebut antara lain:

Menetapkan Anggaran bulanan 
Senantiasa membelanjakan uang kita sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan dan dibuat, karena dengan kita melakukan pembelanjaan yang sesuai dengan anggaran akan mengurangi kebiasaan boros tersebut. Lakukanlah beberapa penghematan yang rasional dan masih mungkin dilakukan. Ubah pola konsumsi dan pembelanjaan secara bertahap untuk belajar melangkah secara bertahap sesuai dengan anggaran yang dibuat.

Review Setiap Bulan
Pada akhir bulan kita dapat mereview dan mengevaluasi kembali pos pos mana yang masih melebihi anggaran yang telah dibuat di awal bulan, untuk melakukan penghematan tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya memisahkan uang belanja rutin bulanan dalam suatu rekening tertentu yang tidak bercampur dengan uang yang akan digunakan untuk investasi ataupun dana darurat. Mengambil uang di ATM setiap minggui sekali sesuai jumlah kebutuhan mingguan, jika menggunakan kartu kredit pastikan ada dana untuk pelunasannya pada saat jatuh tempo. Hindari berjalan jalan ke pusat pembelanjaan jika tidak sedang mempunyai kebutuhan untuk membeli barang, untuk menghindari pemborosan.

Membiasakan Hidup Hemat 
Lakukan penghematan mulai dari hal hal yang kecil, misalnya mengurangi kebiasaan minum kopi di kedai kopi tertentu, Contohnya bila setiap minggunya biasanya datang ke kedai tersebut 3 kali dicoba menguramginya hanya 2 kali seminggu, dengan mengurangi hobi atau kegemeran tersebut akan diperoleh penghematan secara bertahap, dan seiring dengan waktu akan menjadi kebiasaan yang baik sehingga pengeluaran ke kedai kopi dijadwalkan hanya saat akan mengadakan pertemuan dengan rekan bisnis sehingga pengeluaran tersebut memberikan manfaat yang lebih besar dan tepat.

Menurunkan Gaya Hidup
Seandainya jika sebelumnya di dalam keluarga memiliki kebiasaan makan bersama di tempat makan yang exclusive dan mahal seminggu dua kali,  kebiasaan tersebut dapt diubah dengan makan bersama di restaurant keluarga, makan di tempat exclusive tetap dapat dilakukan pada saat acara acara tertentu saja, sehingga kebiasaan makan bersama tetap dapat dilakukan hanya tempat makan dipilih  tempat dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga akan ada penghematan dalam keuangan keluarga. Jika sebelumnya sering berkunjung ke kedai kopi tertentu, sekarang jika hanya ingin menikmati secangkir kopi dapat dibiasakan dengan menyeduh kopi sendiri di kantor.

Mengatur Jadwal Belanja 
Aturlah jadwal belanja bulanan atau mingguan, sehingga dapat dipastikan hanya akan mengunjungi pusat perbelanjaan ataupun pasar modern (supermarket) hanya pada saat kita membutuhkan membeli barang dan jasa yang dibutuhkan yang telah disesuaikan dengan pengeluaran dan kebutuhan setiap minggu ataupun setiap bulannya. Hindari ke pusat perbelanjaan hanya dalam rangka mengisi waktu luang, karena jika jita belum dapat mengontrol kebiasaan tersebut, tentunya akan ada sejumlah uang yang dibelanjakan karena "tergoda" saat berjalan jalan di sana.

Libatkan Anggota Keluarga
Lakukan komunikasi dan libatkan anggota keluarga dalam mencapai tujuan keuangan ataupun memenuhi anggaran yang telah ditetapkan, sehingga dengan kerjasama dan pemahaman yang sama antara suami dan istri akan memudahkan dalam merubah pola belanja selama ini. Sehingga tujuan penghematan akan dapat dicapai, Jika membutuhkan saran lebih lagi dapat menghungi perencana keuangan untuk berdiskusi dan mencari jalan keluar dalam keuangan keluarga. Atau dengan terus belajar dengan membaca buku, mengikuti seminar perencanaaan keuangan. Hal yang terpenting adalah lakukanlah apa yang telah direncanakan, walaupun tidak secara instan namun pasti apa yang telah disepakati, dan telah direncanakan diperjuangkan bersam dengan keluarga.  

Tips yang sederhana, semoga membawa manfaat bagi pembaca, jangan lupa like fanpage facebook kami dan share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain di sekitar pembaca, www.jahjasumitro.com







 
  

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter