Tips Membeli  Asuransi Jiwa

Tips Membeli Asuransi Jiwa

Image taken from www.accelainfinia.com

Sahabat jahjasumitro.com, kali ini penulis akan memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi jiwa.  Mengapa sebagai konsumen, layak mendapatkan asuransi yang benar benar sesuai dengan kebutuhan. Apa saja hal hal yang perlu menjadi perhatian buat teman teman, sebelum memutuskan membeli produk asuransi jiwa antara lain:

Mengetahui Fungsi Dasar Asuransi

Fungsi dasar asuransi adalah memberikan perlindungan nilai ekonomi (jiwa) untuk pencari nafkah ataupun tulang punggung  suatu keluarga, jadi apabila tulang punggung mengalami cacat tetap ataupun kematian, maka anggota keluarga tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan melihat fungsi dasar ini maka sebenarnya yang membutuhkan asuransi jiwa adalah individu yang menjadi tulang punggung keluarga, catat ya teman teman bukan anak, anak, karena anak anak belum mempunyai penghasilan dan bukan merupakan tulang punggung keluarga. Hal yang penting yang harus kita perhatikan adalah membeli asuransi ketika dalam keadaan memiliki kesehatan yang prima, agar mempermudah dalam menghadapi seleksi penerimaan calon tertanggung oleh perusahaan asuransi 


 Nilai Pertanggungan Sesuai Kebutuhan

Jika anda membutuhkan proteksi asuransi sebaiknya tahu berapa jumlah nilai pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan, jangan hanya membeli polis asuransi, tanpa perhitungan yang benar, karena proteksi yang diterima tidak memenuhi kebutuhan sesungguhnya. Cara mudah yang dapat diterapkan antara lain dengan menentukan jangka waktu proteksi sampai minimal anak yang terkecil dapat mandiri secara keuangan dan dengan uang pertanggungan yang memadai, misal sebuah keluarga memiliki anak berusia 5 tahun, idealnya apabila diasumsikan anak selesai pendidikan S2 di usia 24 tahun, maka proteksi yang dibutuhkan selama 19 tahun. Jika penghasilan keluarga tersebut Rp 50,000,000,- per tahun maka nilai pertanggungan minimal Rp 1,000,000,000,- Sehingga nilai pertanggungan asuransi janganlah hanya sekedar membeli sejumlah nilai pertanggungan asuransi, namun perlu diperhitungkan secara maksimal.


Pilih Jenis Asuransi Secara Tepat

Bandingkan jenis asuransi yang dijual di pasaran, sebagai contoh apabila hanya membutuhkan nilai pertanggungan, sebaiknya memilih produk tradisional term life, karena dengan premi yang murah akan memperoleh perlindungan yang optimal. Dapat dibayangkan jika anda memilih jenis asuransi yang kurang tepat, tentunya akan menambah beban pengeluaran keluarga, namun mannfaatnya kurang optimal.


Menentukan Ahli Waris 

Ahli waris sebaiknya orang yang telah dianggap cakap dlam melakukan tindakan hukum, sehingga jangan sampai salah menunjuk anak yang belum dewasa sebagai ahli waris.


Perusahaan Yang Sehat

Pilihlah perusahaan asuransi yang sehat dan dapat diandalkan, hal ini salah satunya dapat dilihat dari rasio  RBC (Risk Base Capital) yang dimiliki perusahaan tersebut, dan minimal telah beroperasi di Indonesia lebih dari 20 tahun, sehingga ketika terjadi klaim asuransi, perusahan tersebut dapat diandalkan dalam menyelesaikan klaim tersebut.


Untuk membaca artikel yang melengkapi hal tersebut diatas, mohon dapat membaca melalui link berikut ini, semoga bermanfaat  http://jahjasumitro.com/jenis-jenis-asuransi-jiwa-detail-13708.html

http://jahjasumitro.com/perlukah-asuransi-jiwa-dan-berapa-besar-nilai-pertanggungannya-detail-9897.html








 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter