Strategi Memiliki Hunian Idaman

Strategi Memiliki Hunian Idaman

Image source kompas property
Seringkali dalam beberapa kesempatan saat berdiskusi, ataupun sharing dengan sesama teman dan anggota komunitas, serta beberapa  teman yang baru saja mulai bekerja atau merintis suatu usaha, ada suatu topik yang tidak pernah bosan dibahas yaitu tentang pentingnya mempunyai hunian yang layak yang menjadi idaman setiap keluarga. 

Persoalan yang muncul adalah keterbatasan sesorang dalam memiliki uang muka ataupun dana untuk membeli rumah tersebut. Dalam hal ini jika sesorang telah memiliki sejumlah dana yang akan dipakai sebagai uang muka pembelian rumah seringkali dengan jumlah uang yang dimiliki sangat susah untuk mendapatkan rumah yang sesuai dan diidamkan baik dari segi harga, luas rumah dan lokasi.

Namun di sisi lain bila tidak memprioritaskan pembelian rumah sebagai tujuan keuangan yang utama, harga rumah semakin melambung dan tentunya akan semakin sulit untuk memiliki rumah. Bagaimana solusi yang tepat dalam merencanakan pembelian rumah, jika dalam situasi tersebut. 

Berikut ini strategi sederhana yang mungkin dapat dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Hal yang pertama dilakukan adalah :

Mencari rumah atau apartemen yang sesuai dengan dana yang dimiliki, jika dana belum mencukupi untuk membeli rumah secara tunai, minimal kita mempunyai dana sebagai uang muka atau mencari pengembang yang menyediakan fasilitas uang muka yang dapat di cicil, serta dengan bantuan pendanaan dari Bank melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ataupun Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). 

Yang terpenting rumah atau apartemen yang akan dibeli tersebut layak huni dan tidak terletak di daerah yang banjir, legalitas surat dan sertifikatnya jelas, serta bila membeli rumah yang dibangun oleh pengembang perlu juga dipertimbangkan track recordnya, serta sarana dan fasilitas minimum yang harus ada seperti listrik dan pemenuhan kebutuhan air bersih dan sarana transportasi umum yang mudah dijangkau.

Seiring dengan meningkatnya pendapatan yang diperoleh, nantinya dapat dilakukan pelunasan sebagian atas hutang rumah atau apartemen tersebut, sehingga beban cicilan rumah dapat diturunkan, sehingga kita akan memperoleh keuntungan pengurangan beban bunga yang harus dibayarkan, serta dengan turunnya beban cicilan, dapat dimanfaatkan untuk menambah porsi investasi rutin setiap bulannya. 

Dengan adanya peningkatan pendapatan maka kemungkinan jangka waktu kredit dapat dipersingkat dengan cara  pelunasan sebagian atau bahkan total pinjaman tersebut, sehingga meringankan beban arus kas bulanan. Adanya selisih dana cicilan tersebut dapat dimanfaatkan  untuk menambah jumlah investasi rutin bulanan. Jika suatu saat telah terkumpul sejumlah dana dari investasi  kita dapat menjual rumah yang sekarang dimiliki dan dengan tambahan dana investasi yang telah dimiliki dapat dipergunakan untuk mencari rumah yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan yang diidamkan. 

Jika rumah atau apartemen yang dibeli tersebut  terletak di area yang berkembang tentunya  akan mengalami peningkatan dalam harga jualnya sehingga dengan adanya keuntungan dari kenaikan harga tersebut ditambah dengan hasil investasi yang telah dikumpulkan  akan sangat membantu saat akan  membeli rumah atau tempat hunian yang lebih sesuai dengan kebutuhan keluarga.  
 
Strategi ini kemungkinan akan menghasilkan keuntungan yang lebih berarti dibandingkan dengan menunda pembelian rumah ataupun apartemen pertama dengan menabung atau deposito sampai jumlah uang mencukupi untuk membeli rumah atau apartemen, karena kemungkinan imbal hasil investasi tabungan dan deposito tidak dapat mengimbangi kenaikan harga rumah ataupun apartemen yang akan dibeli. Selamat berhitung dan merencanakan investasi dengan bijak dalam rangka memiliki rumah idaman anda,
 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter