Evaluasi Pertumbuhan dan Kondisi Asset  2015

Evaluasi Pertumbuhan dan Kondisi Asset 2015

Menjelang akhir tahun beberapa diantara kita sering mengevaluasi kembali perjalanan pertumbuhan asset, ketika kita berbicara tentang asset, hendaknya  tidak terbatas pada asset keuangan saja, karena masih banyak asset asset yang lainnya yang terkait dalam keseharian kita.

Kira kira apa saja yang termasuk dalam enam asset yang penting dalam kehidupan kita yang perlu kita evaluasi:

Asset Rohani (spiritual asset)
  • Merupakan hal yang penting di dalam kehidupan kita, karena sebagai umat yang percaya kepada Tuhan, kita sangat meyakini bahwa apa yang kita lakukan dan putuskan di dalam setiap kehidupan kita boleh terlaksana karena Rahmat dari Tuhan. Dalam hal ini mari kita mengevaluasi bagaimana hubungan kita secara pribadi dengan "Sang Pencipta" yang kita implikasikan di dalam seluruh kehidupan kita  termasuk pekerjaan, investasi dan pengelolaan keuangan keluarga di tahun 2015

Asset Jiwani (soul asset)
  • Adalah asset yang berhubungan dengan keahlian dan kecerdasan intelektual yang kita miliki, karakter dan kapasitas dalam menghadapi kehidupan, pengalaman kerja serta kreatifitas yang kita miliki, termasuk didalamnya bagaimana keinginan kita untuk terus belajar dan bertindak lebih professional di dalam pekerjaan kita termasuk meningkatkan diri dengan kursus, sekolah ataupun sertifikasi untuk memperluas kapabilitas dan meningkatkan keahlian di tahun 2015, apabila dirasa kurang maka di tahun 2016 kita perlu menganggarkan dana untuk sekolah ataupun mengikuti kursus guna meningkatkan asset jiwa kita.

Asset Tubuh (body asset)

Asset Hubungan (network asset)

Asset keluarga (family asset)

Harta Benda (financial asset)

Dengan membuat evaluasi pribadi atas enam asset tersebut diatas, diharapkan pada tahun 2016 yang akan datang kita dapat memperbaiki apa yang kurang maksimal di tahun 2015. 

Sehingga apabila memerlukan perubahan anggaran, waktu dan pola investasi yang dilakukan pada tahun 2016.  Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan kedepannya semakin maksimal dan optimal seluruh asset kehidupan yang kita miliki. 

Namun perlu diingat bahwa setiap tahapan perencanaan dalam keuangan tentunya membutuhkan proses dan waktu, karena tidak ada sesuatu yang instant dalam berinvestasi. Demikianlah renungan singkat tentang asset,  semoga bermanfaat. 

Selamat Tahun Baru 2016 Sukses Selalu Untuk Kita Semua , God Bless you

Sumber : https://jahjasumitro.com/evaluasi-pertumbuhan-dan-kondisi-asset-2015-detail-14614