Menyusun Anggaran dengan Mudah

Menyusun Anggaran dengan Mudah

Image taken from www.intisari.com
Sahabat ngatur duit cerdas, kali ini penulis akan share bagaimana sebagai orang awam kita dapat menyusun anggaran dengan sederhana dan mudah. Karen abagi sebagian sahabat, masih ada yang menanyakan kepada penulis bagaimana cara agar dapat membelanjakan uangnya sesuai dengan anggaran  yang telah direncanakan sejak awal bulan.

Jangan Lalai 
Yang harus disadari, adalah kita tidak boleh lalai dalam merencanakan keuangan apapun, karena kebanyakan dari pasangan muda ataupun generasi milenial yang ada sekarang sering tidak dapat mengetahui dengan pasti berapa besar pengeluaran mereka, bahkan pada akhir bulan seringkali mereka masih menggunakan kartu kredit mereka. Jika ini terjadi dalam diri anda, tidak ada jalan lain kecuali belajar merencanakan keuangan dengan membuat anggaran dan memulai memangkas pengeluaran yang tidak perlu ataupun meningkatkan pendapatan untuk menutupi defisit tersebut.

Hindari pengeluaran yang bersifat impulsif, yaitu barang barang yang selalu diinginkan namun belum tentu diperlukan, hal ini biasanya berkaitan dengan penggunaan kartu kredit, pembelian impulsif dapat berupa pembelian makanan, ataupun barang lain yang belum tentu diperlukan  dan biasanya harganya mahal.

Buatlah Anggaran Seimbang
Dalam upaya menurunkan gaya hidup ataupun pengeluaran,  saat memangkas pengeluaran yang berlebihan, tetaplah dilakukan dengan bijaksana, dan seimbang,  misalnya kita akan memangkas biaya kebutuhan makanan,  tentunya kebutuhan makan harus dicermati lebih lagi, apakah ditemukan indikasi sering makan di luar, jika terlalu sering frekuensinya, maka perlu mengurangi frekuensi makan diluar tersebut, untuk menghemat, namun bila frekuensinya masih dalam jumlah yang wajar, artinya tempat untuk makan harus dipilih yang sesuai anggaran yang ada. Karena sangat tidak mungkin kita menghapuskan biaya kebutuhan untuk makan dan makanan.

Sistem Anggaran Sederhana 
Gunakanlah sistem yang mudah dan cocok sesuai dengan kepribadian anda, contohnya jika anda masih kesulitan menulis anggaran dan pengeluaran setiap bulannya, dapat dilakukan dengan cara sederhana dengan membagi pos pos anggaran dalam amplop, sehingga jika jumlah uang dalam amplop pos hiburan dan rekreasi sudah habis, artinya dalam bulan tersebut kita harus menunda pos rekreasi dan hiburan seperti nonton bersama dan lain lainnya. Atau dapat juga dengan memisahkan menjadi tiga rekening, rekening dana darurat, investasi dan operasional, mana yang lebih mudah untuk dilakukan itulah yang dipilih.

Pencatatatan Sederhana 
Dengan membuat catatan yang sederhana dalam lembaran buku besar masing masing pos pengeluaran dan dari sana kita hanya mencatat, tanggal kapan transaksi dilakukan jumlahnya berapa sehingga diketahui berapa sisa anggaran yang masih dapat dibelanjakan, namun dibutuhkan komitmen untuk mengisinya secara teratur.setiap kali ada pemasukan ataupun pengeluaran.

Untuk transaksi transaksi yang belum jatuh tempo dalam bulan bulan tertentu seperti pembayaran asuransi, pajak kendaraan PBB yang jatuh setiap 12 bulan sekali, anggarannya dapat dibagi menjadi 12 bulan sehingga saat dibutuhkan, tidak mengacaukan anggaran bulanan bulan tersebut. Hal ini juga dapat dilakukan juga untuk anggaran liburan.

Sekian tips tips yang sederhana semoga dapat bermanfaat dan membantu para sahabat dalam mengelola pengeluaran pribadi setiap bulannya.

 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter