Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Image taken from sepulsa.com 
Hai sahabat, apa kabar semuanya kali ini penulis akan membahas bagaimana sikap dan cara mengelola pemakain  kartu kredit.yang dimiliki, agar terhindar dari jeratan hutang. Dengan semakin berkembangnya kehidupan dan perekonomian, saat ini kartu kredit bukan merupakan barang yang ekslusif, karena hampir setiap orang memilikinya asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Bank.

Persoalan yang akan muncul adalah saat seseorang tidak dapat mengelola pemakaian kartu kredit tersebut secara bijak, karena akan menimbulkan beban hutang yang tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Walaupun jika dimanfaatkan secara benar, kartu kredit akan memberikan kemudahan dan fasilitas, serta dapat membantu dalam mengelola arus kas (cash flow) setiap bulan. Usahakan tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua. Satu kartu kredit dapat dipakai secara rutin, sedangkan kartu kredit lainnya sebagai back up, apabila ada gangguan dalam system kartu kredit yang dimiliki. 

Sebaiknya sesorang mulai memiliki  kartu kredit saat sudah memiliki kemampuan secara finansial untuk membayar tagihan yang muncul dari pemakaian kartu kredit tersebut.  

Yang perlu dipahami, kartu kredit bukan merupakan tambahan penghasilan, namun hanya berfungsi sebagai alat yang memudahkan dalam melakukan pembayaran. Saat memakai kartu kredit harus disadari bahwa setiap tagihan yang tidak dilunasi secara penuh pada saat tagihan datang, akan dikenakan bunga atas sisa tagihan yang belum dibayarkan. 

Sehingga diharapkan pemilik kartu kredit, dapat memakai kartu kredit jika memang diperlukan saja, agar terhindar dari kebiasaan konsumtif yang berakibat fatal dalam keuangan keluarga.

Apabila telah memakai kartu kredit sebaiknya dianggarkan sejumlah uang untuk melunasinya pada saat tagihan tiba, demikian juga dengan biaya tahunan yang dibebankan. Jika saat ini ada pembaca yang dalam kondisi terlilit hutang kartu kredit, sebaiknya mulai di lunasi dari kartu kredit yang bunganya paling tinggi.http://jahjasumitro.com/bebas-jerat-hutang-melalui-perencanaan-keuangan-detail-9944.html Sebaiknya hindari menarik pinjaman tunai dari kartu kredit, karena bunganya sangat tinggi sehingga makin membebani keuangan anda.

Mari kita membiasakan mengelola gaya hidup lebih rendah dari pendapatan, agar selisih  dana tersebut  dapat diinvestasikan untuk mencapai tujuan keuangan masa depan. 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter