Istilah dalam Kartu Kredit

Istilah dalam Kartu Kredit

Image from rocketmanagement.com
Sebagai pemegang kartu kredit, tentunya harus mengetahui tentang peraturan dan ketentuan tentang penggunaan kartu kredit yang dimiliki. Hal ini sebaiknya diketahui oleh pemegang kartu kredit agar dapat memanfaatkan sesuai ketentuan yang ada dan terhindar dari biaya ataupun denda yang muncul akibat dari penggunaan kartu kredit yang dimiliki, yang mungkin muncul karena ketidak tahuan dari pemegang kartu kredit. Ada beberapa istilah yang perlu dipahami antara lain sebagai berikut:

Tanggal cetak ataupun tanggal penagihan, yaitu tanggal dimana lembar tagihan dicetak, tanggal ini akan selalu sama dari waktu ke waktu, semua transaksi penggunaan kartu kredit sampai tanggal penagihan tersebut akan dicetak dalam lembaran tagihan kartu kredit yang dimiliki. Contoh jika dalam kartu kredit yang dimiliki disebutkan tanggal cetak adalah tanggal 5, maka seluruh transaksi sampai dengan tanggal 5 akan ditagih dalam tagihan bulan tersebut dan tidak akan dibebankan bunga selama pemegang kartu kredit membayar tidak melebihi tanggal jatuh tempo pembayaran yang telah disebutkan dalam lembar penagihan. Biasanya ada jeda sekitar 15 hari antara  tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo. 

Bila pengguna kartu kredit memakai kartu kreditnya untuk bertransaksi setelah tanggal cetak tagihan, tagihan tersebut akan jatuh tempo sekitar 45 hari dari tanggal transaksi tersebut, sehingga tangihan tersebut tidak akan dikenai bunga apabila nantinya dibayar sebelum tanggal jatuh tempo tersebut atau tepat pada saat jatuh tempo tersebut bila rekening bank yang digunakan sama dengan bank penerbit kartu kredit tersebut.

Tanggal jatuh tempo merupakan tanggal di mana seluruh jumlah transaksi yang telah dilakukan oleh pemegang kartu kredit  dan dibukukan oleh bank penerbit kartu kredit harus dilunasi pembayarannya. Apabila tidak dilunasi maka akan dikenakan sejumlah biaya administrasi keterlambatan dan denda oleh bank penerbit kartu kredit.biasanya jarak antara tanggal cetak tagihan dalam hal diatas tanggal 5,  dan tanggal jatuh tempo adalah sekitar 15 hari atau tanggal 20 (bila mengacu contoh diatas).

Tanggal pembukuan adalah tanggal dimana Bank penerbit kartu kredit akan membukukan transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit. karena tanggal pembukuan dapat berbeda dengan tanggal transaksi, dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain mesin edc yang dipakai, apakah kartu kredit tersebut digesek ke mesin edc bank yang sama atau berbeda.

Biaya perpanjangan ataupun annual fee adalah biaya yang dikenakan kepada  pemegang kartu kredit sebagai biaya tahunan atas penggunaan kartu kredit tersebut, biaya ini dapat dikenakan kepada pemegamg kartu utama ataupun kartu tambahan jika ada.

Biaya Denda atau keterlambatan adalah biaya yang dikenakan oleh bank penerbit kepada pemegang kartu kredit jika membayar tagihan melebihi tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan oleh bank penerbit. Ingat bunga kartu kredit biasanya diperhitungkan dari tanggal transaksi, bukan hanya dari jumlah pemakaian saja.

Sebagai pemegang kartu kredit hendaknya kita bijak dalam memanfaatkan penggunaan kartu kredit yang dimiliki, dan yang telebih penting adalah benar benar mempunyai dana yang digunakan untuk membayar kartu kredit tersebut, agar tidak terjerat hutang konsumtif yang pada akhirnya akan membebani keuangan keluarga. Semoga sharing yang ringan ini dan telah banyak diketahui para pemegang kartu kredit, berguna sebagai tanda peringatan untuk tetap menggunakan kartu kredit secara bijak. ingat kartu kredit adalah hutang yang harus dilunasi bukan merupakan tambahan penghasilan. 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter