Disiplin Mengelola Keuangan

Disiplin Mengelola Keuangan

Image taken from : 1bp.blogspot.com
Seringkali kita mendengar banyak orang yang mengeluh tidak mempunyai tabungan ataupun investasi, bahkan tidak jarang kita mendengar jangankan investasi dana darurat pun tidak ada. Mengapa fenomena ini sering kita temui di sekitar kita, sedangkan jika kita memperhatikan lebih lanjut kebanyakan orang yang mengeluh tersebut terlihat mempunyai pekerjaan ataupun karier yang baik. 

Apa yang menjadi penyebab utama hal itu, menurut catatan penulis beberapa hal ini sering menjadi penyebab antara lain, 

Disiplin Anggaran
Kurang disiplin di dalam pelaksanaan anggaran ataupun budget bulanan yang telah ditetapkan sebelumnya, serta tidak mempunyai catatan arus kas masuk dan keluar setiap bulannya sehingga sangat sulit untuk menelusuri di mana pengeluaran terbesar dan untuk kebutuhan yang mana.

Disiplin Investasi Dan Mengontrol Gaya Hidup
Kurang disiplin melakukan investasi atau membentuk dana darurat sebelum membelanjakan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan rutin yang lain. Karena dengan adanya penundaan seringkali jumlah yang telah direncanakan untuk diinvestasikan akan berkurang atau bahkan habis tanpa disadari untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lainnya. Akibat jika seseorang menunda investasi sejak dini, akan semakin membutuhkan dana yang lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk mencapai tujuan keuangan.

Peningkatan gaya hidup dan belanja yang lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pendapatan dengan tujuan yang kurang tepat seperti agar terlihat " exist,  mengikuti trend", membawa akibat seluruh penghasilan habis atau bahkan minus sehingga semakin sulit berinvestasi, dan akibatnya terbelit hutang konsumtif seperti hutang kartu kredit dan kredit tanpa agunan.

Diperlukan disiplin dalam berinvestasi rutin untuk mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang seperti masa pensiun, karena jika hal ini tidak dilakukan sejak dini, dan semua pendapatan yang diterima saat ini habis untuk konsumsi saat ini. Maka kemungkinan tujuan keuangan masa depan sulit untuk dicapai.

Mengelola Dengan Bijaksana
Yuk mari belajar disiplin mengelola seberapa pun jumlah uang yang dimiliki saat ini, jika disiplin secara konsisten dilakukan sejak dini, bukan merupakan hal yang mustahil pendidikan anak terpenuhi dengan baik, dan masa pensiun yang layak dapat dinikmati di hari tua. Ingat kesempatan hidup lebih sejahtera diputuskan dan dimulai dari mengelola secara disiplin hal hal yang telah dimiliki seseorang saat ini. Dan bukan dihasilkan oleh impian yang semu tanpa ada tindakan nyata untuk mewujudkannya.  Tetap semangat dan jangan lelah untuk memperjuangkannya.







 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter