Cermati Beberapa Hal Ini Saat Berinvestasi

Cermati Beberapa Hal Ini Saat Berinvestasi

image source : from taralite.co 

Investasi merupakan hal yang baik dan berguna untuk meningkatkan kesejahteraan bagi setiap individu, namun pada saat melakukan suatu investasi, jangan lupakan juga tentang dana darurat sehingga saat kita membutuhkan dana dalam waktu yang singkat dan bersifat penting tidak akan mengacaukan tujuan investasi kita yang semula.

Selain hal tersebut tanamkan dalam benak kita bahwa tidak ada investasi yang bersifat instant dan dapat memberikan imbal hasil yang cepat dan berlipat ganda.dalam waktu yang singkat. Kita harus waspada jika ada yang memberikan penawaran dengan ciri ciri tersebut, sebelum terjebak ke dalam investasi  "bodong".

Saat melakukan suatu investasi, pastikan mengetahui dan menguasai instrumen investasi atau pun jenis investasi yang akan dipakai untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Hindari berinvestasi dalam bidang yang  tidak diketahui ataupun dikuasai, karena anda akan mengalami kesulitan ketika mengevaluasi apakah investasi tersebut merupakan investasi yang benar atau investasi yang buruk (bodong), serta akan sulit dalam menghitung kinerja investasi tersebut.

Saat berinvestasi, pastikan bahwa anda sanggup menanggung resiko jika kehilangan sejumlah uang  yang diinvestasikan, jika anda belum siap untuk menanggung resiko tersebut, lebih baik menghindari jenis investasi itu, dan pelajari lebih lanjut sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Kenali dan pelajari setiap tawaran investasi yang ditawarkan kepada kita, dan lakukan analisa sederhana apakah tingkat imbal hasil dan resikonya masih dalam hitungan yang wajar, termasuk apakah penyelenggara, serta produk investasi tersebut diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.  

Jangan menginvestasikan seluruh uang dalam satu instrument investasi saja, lakukanlah diversifikasi (penyebaran resiko) dalam jenis instrumen investasi yang sesuai dengan jangka waktu dan tujuan investasi yang akan dicapai dan sesuai dengan profil resiko anda.

Untuk menurunkan resiko suatu investasi, lakukanlah investasi dengan tujuan jangka panjang, agar dapat memberikan imbal hasil diatas inflasi, namun resikonya terukur.

Mulailah membiasakan diri dengan berinvestasi dengan jumlah yang kecil. setelah memahami dan mengerti produk investasi tersebut, secara bertahap jumlah investasi rutin tersebut dinaikkan seiring dengan kenaikan pendapatan yang diperoleh.

Selamat berinvestasi, semoga hasil investasi meningkatkan kesejahteraan dan melalui keberhasilan yang dicapai semakin banyak dampak positip yang dirasakan juga orang lain disekitar anda. 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter