Analisa Pengeluaran Bulanan

Analisa Pengeluaran Bulanan

image from www.ficgil.it
Mengapa kita perlu mencatat dan mereview pengeluaran bulanan dari waktu ke waktu. Apa yang mendasari hal ini, pentingnya  dilakukan dalam proses mengatur keuangan seseorang? Berikut ini hal hal yang menjadi dasar pentingya mencatat dan meriview pengeluaran setiap bulannya. Yuk kita simak beberapa hal tersebut antara lain:

Untuk mengetahui secara pasti jumlah pendapatan  setiap bulannya, serta mengetahui jumlah pengeluaran secara pasti setiap bulannya, sehingga dari hasil pencatatan kedua hal tersebut kita tahu apakah pengeluaran kita lebih kecil, sama atau lebih besar dari pendapatan yang diterima setiap bulannya.

Dari langkah tersebut diatas diharapkan kita dapat mengetahui dengan pasti mana kegiatan atau gaya hidup yang paling boros, dan yang terpenting lagi tahu secara pasti mana gaya hidup  yang boros dan tidak penting.

Mengetahui pengeluaran dan kebiasaan yang kelihatannya kecil, seperti membeli camilan, atau ngopi di cafe, ternyata jika diakumulasikan setiap bulannya jumlahnya akan menjadi besar.

Dari hasil pemetaan hal tersebut, kita akan mengetahui cerminan dari gaya hidup yang dilakukan setiap bulannya, jika akan mengubah gaya hidup tersebut, artinya kita perlu mengubah gaya hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari harinya.

Dengan mereview keuangan tersebut, kita dapat memutuskan adakah kebiasaan ataupun gaya hidup yang berlebihan yang harus dirubah, serta hal hal yang positip yang harus ditingkatkan agar dapat mengelola keuangan dengan baik untuk mencapai tujuan keuangan, sehingga diharapkan kesejahteraan dan tujuan keuangan  dapat dicapai.
 
Sekian catatan singkat penulis kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter