Sekilas tentang Machinery Breakdown Insurance

Sekilas tentang Machinery Breakdown Insurance

Image source : www.adlerinsurance.co.uk

Apa itu asuransi Machinery Breakdown 

Adalah penutupan asuransi mesin yang menjamin kerugian atau kerusakan mesin yang diakibatkan kejadian secara tiba tiba dan tak terduga terhadap mesin yang dimiliki tertanggung.  Termasuk didalamnya, kerusakan panel panel listrik dan kerusakan mesin, naiknya suhu mesin sehingga melampaui  panas, pada saat;

  • Mesin bekerja, atau sedang diam, mesin saat dibersihkan, dipindahkan, perbaikan rutin (overhaul), dan hal hal yang bersifat perbaikan dan pembersihan  lainnya,  di lokasi yang disebutkan dalam polis, untuk mempersiapkan dan memperbaiki kembali, atau menyetel kembali mesin, sebelum mesin dapat beroperasi kembali secara normal  seperti saat  sebelum terjadinya kerusakan ataupun gangguan.

Di dalam polis ini dibagi menjadi dua bagian yaitu, 

Bagian pertama (material damage) kerusakan atas mesin mesin, dan semua alat alat mekanikal, alat alat elektronik, lift, eskalator, alat alat yang dapat dipindahkan, cetakan cetakan, kompresor, pada saat pembersihkan mesin, atau perbaikan atau saat beroperasi.

Bagian kedua (gangguan usaha) adalah terganggunya usaha, karena adanya kerusakan atau tidak beroperasinya mesin ataupun peralatan peralatan, yang mengakibatkan terhentinya proses produksi ataupun operasional suatu usaha, yang mengakibatkan hilangnya pendapatan ataupun keuntungan kepada tertanggung.

Dalam polis ini juga ada resiko sendiri (deductible) ataupun excess  yang harus ditanggung oleh  tertanggung sebelum mengajukan sejumlah kerugian yang timbul karena kerusakan mesin tersebut.

Siapa yang membutuhkan proteksi ini ?
Yaitu tertanggung yang memiliki usaha yang didalamnya ada proses produksi ataupun jasa komersial seperti hotel, pusat perbelanjaan  yang menggunakan mesin  mesin produksi ataupun pendukung yang rentan dengan kerusakan kerusakan mesian yang bersifat mekanik, seperti genset, boiler, chiller dan mesin lainnya.


Dalam polis ini juga dilekatkan  klausula diantaranya 

Klausula yang menjamin ledakan boiler,

Klausula yang menjamin biaya biaya pengiriman mesin apabila mesin dibeli dari luar negeri, 

Klausula yang menjamin digantinya mesin dengan mesin baru apabila mengalami kerugian total selama nilai pertanggungan mesin mencukupi 

Klausula Biaya pembersihan puing

Klausula klausula lainnya yang bertujuan memperkuat dan menegaskan luas jaminan polis.

Demikianlah penjelasan tentang asuransi kerusakan mesin (Machinery Breakdown) semoga dapat memberikan gambaran, apabila ada hal hal yang akan ditanyakan, jangan segan untuk menghubungi penulis.

 

     




Komentar

  • Yaidar Jum'at, 17 Februari 2017

    Mohon infonya, apakah kerusakan pada inverter lift / inverter escalator & general overhaul genset & top overhaul pada genset dapat ditanggung oleh polis machinery breakdown?

  • Jahja Sumitro Jum'at, 14 April 2017

    Sepanjang kerusakan atau kecelakaan tersebut disebabkan mecanical electrical breakdown, ataupun short circuit, part penyebab kerusakan tersebut dikecualikan, namun akibat yang terjadi yang menimbulkan mesin rusak dll dijamin oleh polis ini. General overhaul atau pun top over yang sifatnya rutin atau maintenance yang memang harus dilakukan tidak dijamin, Namun jika adanya kejadian yang bersifat short circuit ataupun mecanikal electrikal breakdown yang mengakibatkan kerusakan part. sehingga ada perbaikan mesin ataupun terpaksa dilakukan over haul sepanjang ada kaitannya dengan kerusakan tersebut ada kemungkinan biaya over haul tersebut dijamin, namun untuk hal seperti ini harus dilihat lebih lagi kasus per kasusnya secara detail, untuk memastikan apakah hal ini dijamin oleh polis MB, demikianlah penjelasan dari penulis.

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter