Santunan Harian

Santunan Harian

Apakah yang dimaksud dengan benefit santunan harian , mungkin diantara kita sudah banyak yang mengetahuinya, namun ada juga diantara pembaca yang belum mengetahui hal ini.

Pada kesempatan kali ini penulis akan menuliskan tentang benefit ini secara singkat agar mudah dimengerti.

Pada umunya benefit ini bisa kita peroleh sebagai tambahan atas polis asuransi jiwa kita, namun saat ini produk ini juga telah menjadi produk yang dapat kita peroleh di asuransi general.

Secara umum manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari produk ini diantaranya:
  • Santunan harian yang diperoleh oleh tertanggung apabila akibat kecelakaan tertanggung di rawat misalnya 24 jam, namun untuk kondisi karena penyakit biasanya tertanggung akan memperoleh santunan apabila di rawat minimal 2 x 24 jam.

  • Besarnya santunan harian yang diberikan tergantung dari plan yang diambil oleh tertanggung pada saat membeli asuransi ini sesuai dengan syarat syarat yang disepakati oleh pihak asuransi. 

  • Ada batasan maksimal jumlah hari perawatan yang terjadi dalam satu periode tertentu 

  • Proses pengajuan klaimnya pada umumnya berlaku secara reimbursement, dan biasanya santunan harian ini bersifat "double cover" apabila kita sudah memiliki asuransi kesehatan lain.

  • Dokumen yang diberikan dapat berupa foto copy yang telah di legalisir oleh pihak rumah sakit.

Apa saja yang yang menjadi pengecualian dalam polis ini, biasanya ada bebrapa pengecualian sebagai berikut:
  • Sakit ataupun kecelakaan yang terjadi dalam masa tunggu polis misalnya disebutkan masa tunggu berlakunya polis adalah 30 hari, maka apabila tertanggung mengalami kasus sakit atau pun kecelakaan dalam masa tunggu tidak dijamin oleh asuransi.

  • Untuk penyakit penyakit yang sudah ada sebelumnya tidak dapat di jamin oleh polis ini.

  • Kelainan bawaan, dan penyakit penyakit seperti HIV, karena ketergantungan obat, narkoba.

  • Perawatan di rumah sakit yang berkaitan dengan kesuburan, kecantikan, penyakit degenarative.

  • Penyakit yang diakibatkan oleh kelainan hormonal dan lain lain.

Hal hal tersebut diatas biasanya disebutkan secara rinci di dalam polis. Untuk itulah perlu bagi setiap pemegang polis untuk membaca setiap polis yang dimilikinya.

Dalam kaitannya dengan perencanaan keuangan, polis tersebut dapat dipertimbangkan apabila kita mempunyai asuransi kesehatan (misal yang diberikan dari perusahaan tempat kita bekerja) namun plan yang kita miliki kurang memadai sehingga apabila ada excess dapat kita kurangi dengan adanya santunan harian ini. 

Atau jenis asuransi ini  dapat juga kita pertimbangkan sebagai subtitusi biaya yang dikeluarkan untuk anggota keluarga yang menjaga tertanggung yang sakit, sehingga dapat membantu cash flow keluarga saat ada anggota keluarga yang sakit dan perlu di rawat di rumah sakit.   
 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter