Saat Memasuki Pensiun Pastikan Hal Ini Siap

Saat Memasuki Pensiun Pastikan Hal Ini Siap

Dear teman teman saat ini penulis akan melengkapi tulisan sebelumnya, mengenai masa pensiun,  jika seseeorang telah memasuki masa pensiun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:


Semua hutang sebaiknya telah lunas, atau sisa cicilannya tinggal dalam jangka waktu yang pendek (kurang dari 3 tahun). Karena apabila seseorang memasuki masa pensiun dan masih menanggung cicilan yang cukup besar dan dalam jangka waktu yang lama, bila tidak dipersiapkan dengan baik maka  akan membebani aliran kas pada saat pensiun. Terutama jika pribadi tersebut belum mempunyai usaha yang dirintis yang telah berjalan, ataupun pengelolaan investasi yang baik dan benar yang mendatangkan pendapatan berulang saat masa pensiun.

Dana Pendidikan anak telah tersedia, apabila masih ada anak yang belum menyelesaikan pendidikannya, untuk itu diperlukan perencanaan keuangan yang benar dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, hal ini perlu dilakukan agar pendidikan anak tidak terbengkalai. Untuk mengetahui bagaimana merencanakan biaya pendidikan anak dapat dibaca di http://jahjasumitro.com/mahalnya-biaya-pendidikan-detail-27352.html

Biaya hidup terpenuhi dengan gaya hidup yang sama seperti saat ini diantaranya, meliputi biaya hidup, biaya kesehatan, kegiatan sosial, travelling dan komitmen kepada anak.  

Bagaimana alokasi biaya hidup saat pensiun dapat disusun dengan contoh  komposisi berikut ini

Kebutuhan dasar pribadi                    10% 

Entertaintment dan hoby                     20% 

Makanan yang sehat                           15% 

Pemberian dan biaya relasi                 15%  

Asuransi kesehatan dan obat obatan   20%

Tagihan listrik, pln, air                           10% 

Biaya tak terduga                                  10%      

Hal ini dapat dicapai bila sedari muda melakukan persiapan pensiun dan berinvestasi dengan benar, sebab ketika kita salah dalam merencanakan pensiun, akan berakibat fatal.http://jahjasumitro.com/salah-mempersiapkan-pensiun-detail-28764.html

Mempunyai rumah tinggal yang layak dan tidak dijaminkan, melakukan aktifitas yang disukai dan produktif, menjaga kesehatan tubuh yang terawat baik.
Hal tersebut dapat dilakukan bila setiap tahapan dalam kehidupan seseorang direncanakan dengan baik, tak lupa selain mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, sikap positip dan kebiasaan hidup yang sehat perlu dilatih dan dilakukan sejak muda seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, selain itu rutin berolah raga untuk menjaga kesehatan.

Bagaimana kita membiayai masa pensiun? 

Sumber dana masa pensiun dapat dipersiapkan melalui beberapa hal diantaranya,

Pembentukan Portofolio investasi  dengan alokasi yang benar http://jahjasumitro.com/artikel/investasi

Aset Pribadi, dijual atau disewakan, untuk memenuhi target dana ataupun target pendapatan berulang setiap bulannya

Program pensiun Perusahaan ataupun Pribadi seperti Jaminan Pensiun BPJS Ketenaga kerjaan, Jaminan Hari Tua, Dana Pensiun Pemberi Kerja ataupun Dana Pensiun Lembaga Keuangan.http://jahjasumitro.com/dana-pensiun-lembaga-keuangan-dan-program-pesangon-detail-34680.html

Kepegawaian yang berkelanjutan artinya di masa pensiun masih dapat bekerja sesuai hobi dan keahlian serta kualifikasi yang dimiliki, untuk menambah penghasilan setiap bulannya.

Membangun bisnis sejak masa produktif
Karena bisnis perlu dipersiapkan dan sifatnya jangka panjang, maka bisnis perlu diperhitungkan dengan cermat, artinya harus dapat menyusun bisnis dengan system yang benar hal ini dapat dilakukan dengan membangun bisnis yang sesuai dengan keahlian, hal ini dapat juga dilakukan dengan membeli bisnis waralaba, atau hal hal lain yang dapat menunjang pendapatan pada saat pensiun.  

Demikianlah sharing dari penulis kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca semua, God Bless you

Jahjasumitro.com





Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter