Proteksi terhadap ketidakjujuran karyawan

Proteksi terhadap ketidakjujuran karyawan

image by : safeharbour.sg

Apa itu Asuransi Fidelity Guarantee 

Dalam dunia bisnis dan industri yang ada dikenal adanya asuransi Fidelity Guarantee (ketidak jujuran karyawan), dalam asuransi ini cakupan jaminannya adalah untuk memberikan ganti rugi terhadap tertanggung atas kehilangan uang, cek, meterai saham dan harta benda tertanggung lainnya yang diakibatkan oleh ketidak jujuran atau kecurangan karyawan yang dilakukan secara perorangan maupun dilakukan dengan adanya persekongkolan dengan pihak lain sampai jumlah tertentu yang ditetapkan oleh pihak penanggung dalam jangka waktu yang tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

img-1462884106.jpg
Image by Kontan

Dalam Asuransi Fidelity Guarantee ini dikenal adanya discovery periode yaitu apabila terjadinya keugian akibat ketidak jujuran tersebut diketahui tidak lebih dari jangka waktu tertentu sejak karyawan mengundurkan diri, pemecatan, pensiun atau kematian karyawanyang melakukan ketidak jujuran atau bebrapa bulan setelah pembatalan polis, mana yang terjadi terlebih dahulu.

Pada umunya discovery periode ini adalah 6 bulan sejak ditetapkan atau paling lambat dalam 3 bulan sejak di PHK atau dipecat mana yang terjadi terlebih dahulu.

img-1462886293.jpg


Kondisi konsisi lain yang berlaku dalam penutupan polis ini adalah sebagai berikut:

Apabila pada saat terjadinya kerugian, besarnya kerugian yang diganti oleh perusahaan asuransi adalah sejumlah kerugian yang dialami tertanggung dikurangi sejumlah uang yang telah dibayarkan kembali oleh karyawan.

Jumlah kerugian yang dibayarkan asuransi tidak memperhitungkan kerugian bunga yang dialami oleh tertanggung.

Apabila telah ditemukan adanya bukti ketidak jujuran oleh karyawan, maka tertanggung harus menghentikan tugas atau kepercayaan yang diberikan kepada karyawan sejak ditemukannya bukti tersebut.

Tertanggung harus melaporkan maksimal 7 hari setelah diketahui adanya tindakan kecurangan ataupun ketidak jujuran termasuk cara cara yang dilakukan karyawan tersebut saat melakukan ketidak jujuran tersebut serta besarnya perkiraan kerugian yang dialami serta alamat terakhir karyawan tersebut.    

Dalam pelaporannya harus ada dokumen yang berisi keterangan kejadian yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Hal hal yang dikecualikan polis ini antara lain kerugian yang disebabkan oleh perang, invasi, huru hara ataupun terorisme dan keadaan yang sejenis. 

Biaya biaya yang dikeluarkan untuk mencegah kerugian yang lebih besar yang dikeluarkan tertanggung.

Jumlah ganti rugi yang diterima dikurangi sejumlah resiko sendiri yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. 

img-1462886100.jpg

Pihak pihak yang mebutuhkan asuransi ini misalnya Bank, Cafe, Hotel dan usah usaha yang mempekerjakan karyawan yang bertugas sebagai kasir, ataupun kolektor ataupun yang bertugas menyetor uang atau mengirimkan uang  yang berkaitan dengan operasional perusahaan.


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter