Property Sebagai Portofolio Investasi

Property Sebagai Portofolio Investasi

Image taken from :www.rumahmasadepan.com
Sebelum  melakukan investasi property khususnya rumah tinggal ada beberapa hal yang menjadi  pertimbangan dalam menentukan pilihan diantaranya apakah kita akan berinvestasi dengan membeli tanah dan membangunnya kemudian, ataukah akan membeli rumah melalui pengembang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

Lokasi dan Fasilitas Pendukung
Lokasi di mana kita akan berinvestasi sebaiknya disurvey, sambil mengetahui keadaan lokasi pada waktu pagi, siang ataupun malam, sehingga dapat memperkirakan situasi dan keamanan lokasi tersebut. Fasilitas apa saja yang akan dibangun oleh pengembang serta infra struktur di sekitarnya seperti jalan tol, serta luas jalan yang ada di perumahan tersebut, jalur kereta api dan jalur transportasi lainnya yang mendukung akses yang mudah menuju ke lokasi perumahan akan menunjang kenaikan harga property tersebut. Selain hal tersebut adakah fasilitas pendidikan, pasar dan fasilitas penunjang lainnya di lokasi tersebut. Hal terpenting lainnya adalah bagaimana dengan ketersediaan kebutuhan air apakah ada saluran PDAM atau disediakan pengembang. Selain itu perlu kita pertimbangkan pula berapa luas lahan yang akan dikembangkan oleh pengembang, semakin luas lahan yang dimiliki pengembang biasanya konsep dan prospek investasi tersebut semakin baik.

Pengembang dengan rekam jejak baik
Siapa pengembang yang mengembangkan daerah tersebut, sedapat mungkin kita berinvestasi pada pengembang yang track record kinerjanya sudah teruji, antara lain telah membangun beberapa proyek sebelumnya, serta setiap proyek yang dikerjakan, proses pembangunannya diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Hal ini wajib dan harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi terutama saat kondisi perekonomian kurang menentu. Karena jika kita salah memilih pengembang, ada kemungkinan property yang dibeli macet ataupun terlambat penyelesaiannya.

Bebas Banjir
Negara kita beriklim tropis, dengan dua musim yaitu kemarau dan penghujan, bagaimana bila musim penghujan apakah daerah tersebut bebas banjir, sebab jika salah memilih lokasi yang sering terkena banjir, dapat dipastikan investasi tersebut akan susah berkembang.

Kemudahan cara pembelian
Apabila kita berencana membeli property tersebut dengan cara KPR, jangan lupa bertanya pihak pengembang bekerja sama dengan Bank apa saja, sehingga sebagai investor mempunyai pilihan Bank dengan syarat yang ringan dan suku bunga pinjaman yang atraktif yang sesuai dengan keadaan keuangan investor.

Keuntungan Investasi Property 
Keuntungan apabila kita berinvestasi melalui property seperti rumah tinggal adalah adanya pendapatan sewa dan kenaikan harga rumah. Sehingga property cocok dipergunakan sebagai salah satu portofolio investasi jangka panjang dengan  kurun waktu lebih dari 5 tahun. Semoga tips diatas berguna bagi para pembaca.
 

  


  

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter