Pelangganmu  Gagal Bayar

Pelangganmu Gagal Bayar

image source: www.facentfacts.com 

Sering kita mendengar dalam bisnis beberapa pelanggan korporasi  tidak bisa membayar barang barang yang telah mereka beli setelah melewati jatuh tempo yang disepakati. Sebagai pengusaha ataupun supplier, tentunya hal tersebut akan mem pengaruhi arus kas dan meningkatnya kredit yang mempunyai masalah ataupun berpotensi macet.  
img-1464537836.jpg
image from www.123rf.com

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi keadaan tersebut, bukan hanya faktor moral hazard atau niat buruk dari pelanggan korporasi namun dapat juga disebabkan adanya pelambatan ekonomi yang berdampak atas kondisi keuangan pelanggan sehingga kesulitan dalam membayar barang yang telah dibeli secara kredit dari supplier, ataupun situasai negara pelanggan korporasi dalam situasi kacau.

img-1464538172.jpg
image source: publicradiotulsa.org

Bagaimana solusi atas keadaan diatas, adakah proteksinya, di dalam asuransi kerugian kita mengenal Trade Credit Insurance  yang dapat mengatasi problem tersebut,  baik untuk perdagangan yang bersifat domestik atauupun ekspor. Apa sich sebenarnya  yang di cover oleh asuransi ini, simak ya, penjelasan dibawah ini.

img-1464541131.jpg
image source dreamstime.com

Resiko resiko yang dijamin oleh asuransi ini pada dasarnya dibagi menjadi dua hal antara lain:

1. Resiko Komersial (Commercial Risks), diantaranya adalah resiko Insolvency yaitu resiko gagal bayar yang disebabkan kebangkrutan pembeli korporasi, selain hal tersebut asuransi ini juga menjamin Protracted Default  yaitu kondisi tidak terbayarnya tagihan yang melebihi jangka waktu kredit yang telah disepakati.

2. Resiko Politik (Political Risks)  terutama hal ini berlaku untuk pembeli pembeli dari luar negeri, meskipun hal ini terjadi diluar kontrol baik penjual ataupun pembeli. contohnya jika negara tujuan ekspor tersebut melarang adanya transaksi keuangan keluar negeri, atau negara tujuan ekspor dinyatakan bangkrut.

Apakah ada pengecualian dalam polis ini

  • Pengecualian yang pertama adalah semua transaksi yang berdasrkan penjualan secara cash ataupun menggunakan letter of credit (l/c)

  • Pengiriman barang yang dilakukan setelah jangka waktu perpanjangan maksimum yang disepakati.

  • Penjualan antar anak perusahaan

  • Adanya ketidak sesuaian dalam penagihan sampai hal ini disepakati oleh kedua belah pihak.

  • Jumlah kerugian yang masih dibawah atau sampai dengan minimum kerugian yang disepakati antara pihak asuransi dengan tertanggung, apabila melebihi jumlah tersebut asuransi akan mengganti sesuai prosentase yang disepakati dengan tertanggung.

  • Kerugian yang timbul yang diakibatkan adanya perang yang melibatkan 5 negara besar tertentu.

Jangka waktu bahwa suatu penjualan barang yang dilakukan secara kredit dianggap bermasalah pada umumnya adalah selama bila keterlambatan pembayaran tersebut telah melewati 180 hari, namun tertanggung harus melaporkannya kepada pihak asuransi sebelum jangka waktu keterlambatan pelaporan yang telah tercantum dan disepakti dalam polis.

Asuransi ini juga menjamin biaya biaya tuntutan hukum yang timbul dalam rangka penagihan.

Siapa yang membutuhkan asuransi ini, pada umumnya adalah bidang usaha seperti:

Bank Komersial

Produsen ataupun distributor yang menjual barang barang ke distributor ataupun sub distributor. 

Bagaimana cara kerja Trade Credit Insurance dapat digambarkan sebagai berikut

img-1464541418.jpg i
image source : www.eulerhermes.ae

Proteksi ini berguna untuk hal hal berikut ini 

Meningkatkan penjualan untuk produsen atau distributor karena dapat memberikan fasilitas kredit kepada pembeli ataupun customernya.

Untuk meminimalkan gangguan pada neraca penjual yang diakibatkan oleh macetnya pembayaran dari pembeli utama (pelanggan besar)

Meningkatkan aliran kas perusahaan (cash flow) menjadi lebih sehat

Pihak asuransi membantu dalam memonitor resiko yang mungkin timbul dari pembeli yang berpotensi mengalami masalah keuangan.

Membantu dalam hal penagihan apabila kredit macet.

Demikianlah sharing dari penulis, apabila ada yang membutuhkan asuransi ini ataupun penjelasan lebih lanjut, jangan segan segan untuk menghubungi penulis. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan keuntungan usaha anda. God Bless You 

img-1464543174.jpg

 





















Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter