Mungkinkah Melatih Kebiasaan Keuangan Yang sehat

Mungkinkah Melatih Kebiasaan Keuangan Yang sehat

Apabila kita dapat melatih pola pemakaian uang secara konsisten dalam jangka waktu tertentu akan menjadi  kebiasaan yang sehat dalam keuangan kita. Berikut ini kami sampaikan tips tips yang mungkin berguna bagi anda.


  • Selalu diingat bahwa agar kita membuat perencanaan keuangan atau tujuan keuangan, tujuan keuangan tersebut harus ditinjau ulang misalnya 1 tahun sekali. Tidak ada kata terlambat, sedapat mungkin kita melakukan lebih dini daripada terlambat. Perencanaan keuangan sebaiknya tidak ditunda, semakin kita menunda semakin besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan keuangan kita.

  • Dengan perencanaan keuangan yang benar diharapkan kita dapat mengatur arus kas bulanan kita dengan benar, sehingga kita dapat mengatur keuangan kita dengan baik dan arus kas setiap bulan dijaga tetap positip sehingga ada dana yang dapat dipergunakan untuk investasi, dan mengejar tujuan keuangan jangka panjang seperti dana pendidikan, dan pensiun

  • Sebaiknya tidak mengambil hutang yang bersifat  konsumtif, karena ketika kita berhutang konsumtif  artinya kita telah memanfaatkan penghasilan di masa mendatang untuk membayar hutang konsumtif tersebut, sehingga investai yang dilakukan kurang optimal, karena biasanya hutang konsumtif berbunga sangat tinggi dan tidak akan sebanding dengan hasil investasi kita. 

  • Mempersiapkan masa pensiun lebih dini, karena semakin awal semakin baik, karena apabila kita terlambat akan semakin berat kita mencapai tujuan keuangan yang akan datang

  • Memilih instrument investasi dengan cerdas dan benar, jangan terkecoh dengan investasi yang bersifat ponsi, atau pun menjanjikan imbal hasil yang tinggi dan dijamin, karena tidak ada investasi yang tidak beresiko, dan hasil investasi biasanya tergantung kinerja instrument investasi yang dipergunakan, dan tidak ada jaminan secara pasti sehingga harus mempelajari dan mengerti mengenai resiko dan instrument investasi yang benar.

  • Dalam mempergunakan uang perlu membuat skala prioritas dan dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan, sehingga kita dapat bertanggung jawab atas rezeki yang sudah diberikan oleh Tuhan YME dalam hidup kita dan kita dapat mensyukurinya

  • Jangan mengabaikan proteksi asuransi, untuk melindungi harta dan jiwa kita sehingga ketika ada resiko yang harus dihadapi, sudah ada payung atau perisai untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dalam keuangan kita.

  • Uang dan harta bukanlah segala galanya, namun ada pula harta harta yang lain yang lebih penting yang harus kita jaga seperti harta kesehatan tubuh dan harta hubungan dan persaudaraan dengan keluarga, teman dan relasi.

Apabila kita melakukannya dengan setia dan komitmen diharapkan kita dapat memiliki karakter yang bertanggung jawab dalam keuangan kita. Sekian tips tips kali ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter