Mudik Aman Anggaran terkendali

Mudik Aman Anggaran terkendali

image: freeimages.com by Maciek PELC.com

Teman teman apa kabar ?  Sebentar lagi banyak yang akan merayakan hari yang Fitri, dimana pada  kesempatan itu  banyak teman teman yang  melakukan perjalanan mudik alias pulang kampung untuk bersilahturahmi dengan handai taulan. Sebaiknya apa saja yang harus dipersiapkan pada saat mudik dan anggaran apa saja yang perlu disiapkan

Yang pertama kita persiapkan apabila mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri adalah  melakukan pengecekan ataupun servis kendaraan yang akan dipakai agar tetap dalam kondisi prima untuk menempuh perjalanan pulang kampung. Untuk memperkirakan anggaran biaya servis kita dapat menggunakan pedoman yang tertera pada buku petunjuk pemakaian kendaraan ataupun buku servis.

img-1465603290.com by Megan Stevens-chev
freeimages.com by Megan Stevens-chevy engine.jpg

Sobat, jangan lupa menganggarkan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk keperluan bahan bakar minyak,  biaya untuk membayar jalan tol dan biaya parkir.

Apabila diperlukan dapat mempertimbangkan beberapa polis asuransi, untuk memproteksi keluarga yang sedang mudik diantaranya; 

Polis Asuransi Kendaraan yang melindungi kendaraan yang akan dipakai melakukan perjalanan ke luar kota (apabila belum memiliki polis ini) untuk lebih jelasnya apa yang merupakan jaminan polis kendaraan dapat dibaca di link ini http://jahjasumitro.com/baca-polis-asuransi-supaya-tidak-menyesal-detail-12186.html 

Selain memproteksi kendaraan yang akan dipergunakan, ada polis sangat yang penting terutama bagi pemudik yang akan mudik dengan mengendarai motor pribadi, yaitu polis  Asuransi Personal Accident (Asuransi Kecelakaan Diri) yang akan memproteksi aktivitas pemudik saat di luar kota, ataupun saat perjalanan pulang ke kampung halaman menggunakan motor ataupun kendaraan pribadi lainnya. Untuk penjelasan luas jaminan polis ini  dapat dibaca di http://jahjasumitro.com/hidupmu-sangat-berarti-harap-dijaga-detail-15207.html. Bahkan di beberapa perusahaan asuransi polis asuransi ini tersedia dengan berbagai macam durasi, yang dapat disesuaikan dengan jangka waktu pulang perginya pemudik. 

img-1465604197.jpg

Siapkan juga biaya makan untuk keperluan sahur dan berbuka puasa saat mudik menjelang lebaran, hendaknya hal ini disiasati dengan tidak menyiapkan ataupun membeli makanan dengam  berlebihan, karena biasanya harga barang barang kebutuhan pokok dan makanan menjelang lebaran cenderung meningkat. 

Saat lebaran adalah saat yang tepat untuk berbagi kepada sesama, perlu para sahabat anggarkan biaya untuk memberi kepada saudara ataupun handai taulan, memberi THR kepada pekerja (assisten rumah tangga dll)   dan sedekah untuk orang orang yang membutuhkan di sekitar kita.

Biaya lain lain yang tak terduga jumlahnya kira kira 10% dari seluruh total biaya diatas, untuk berjaga jaga atas biaya biaya yang belum dianggarkan dalam anggaran tersebut diatas, misalnya apabila sampai bermalam diperjalanan, ataupun hal hal lainnya. Anggaran ini dapat disisihkan dari Tunjangan Hari Raya yang diterima, apabila diatur dengan bijak sisa THR dapat dipergunakan untuk hal hal lain seperti menambah investasi, ataupun melunasi sebagian hutang yang masih ada.

img-1465606321.jpg

Tetap menjaga kesehatan dan stamina sewaktu mudik, patuhi peraturan lalu lintas yang ada serta mengendarai kendaraan dengan hati hati, agar selamat sampai di tujuan. Selamat mudik kekampung halaman teman teman.

img-1465607086.com by Koan-Village - Cop

image by : Morguefile.com by Koan-Village 

Apabila teman teman membutuhkan simulasi excell untuk menghitung anggaran mudik dapat diperoleh di link ini 














 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter