Mengenal Asuransi Kerugian

Mengenal Asuransi Kerugian

Asuransi kerugian adalah perusahaan asuransi yg bidang usahanya menanggulangi risiko keuangan sebagai akibat kerugian karena peristiwa yang terjadi secara tiba tiba dan tidak terduga yang menimpa barang-barang atau kepentingan yang dipertanggungkan atas resiko yang dijamin dalam polis.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam asuransi kerugian antara lain :

  • Pengecualian umum dan khusus dalam polis yang tidak dijamin oleh polis asuransi kerugian diantaranya :  kesengajaan, melanggar hukum, perang, aus, karat , proses yang terjadi terus menerus (gradually process), kerugian akibat serangga, nuklir, bom, akibat lain yang timbul dari suatu kerugian (consequential of loss) dan resiko resiko lain yang dikecualikan, termasuk resiko sendiri (Own Risks) yang harus kita tanggung setiap kita mengajukan klaim.

  • Klausula yang bersifat memperkuat luas atau jaminan polis.

  • Besarnya resiko sendiri, yang diterapkan apabila kita akan mengajukan klaim 

  • Kondisi  Over insurance dan Under insurance,  Over insurance artinya mengasuransikan suatu objek asuransi dengan nilai pertanggungan melebihi nilai pasar ataupun nilai membangun kembali. 

  • Sedangkan kondisi  Under insurance adalah mengasuransikan suatu objek pertanggungan dengan nilai pertanggungan dibawah harga pasar atau nilai membangun kembali. 

Kedua kondisi  tersebut akan sangat berdampak pada jumlah nilai kerugian yang akan diterima oleh pemegang polis ketika terjadi klaim,

Itulah sebagian yang harus diketahui oleh konsumen apabila akan membeli polis asuransi kerugian, untuk lebih jelasnya sebagai konsumen sebaiknya meminta penjelasan kepada broker asuransi, agen atau pun wakil dari perusahaan asuransi sebelum membeli produk mereka. So kenali dan sikapi dengan cerdas agar kita mengetahui dan memperoleh penjelasan serta manfaat yang maksimal atas polis asuransi yang kita beli. 

Apabila ada hal hal yang akan ditanyakan, jangan segan untuk menghubungi penulis. God Bless You 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter