Mengapa Klaim Asuransi Kesehatan Bermasalah

Mengapa Klaim Asuransi Kesehatan Bermasalah

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan klaim asuransi kesehatan yang diajukan di tolak oleh perusahaan asuransi. Hal ini sering kita lihat dan kita dengar baik dalam surat pembaca yang muncul di berbagai forum, ataupun dalam pembicaraan yang sering muncul dalam pergaulan kita.


Penulis mencatat ada beberapa hal yang menyebabkan asuransi kesehatan ditolak, antara lain:

  • Pada saat mengajukan klaim atas biaya yang timbul pada saat kita mengalami gangguan kesehatan status polis kita masih berada dalam periode masa tunggu (waiting period) atau suatu jangka waktu tertetentu yang dipersyaratkan oleh asuransi dimana sebelum kita periode melewati masa tunggu polis tersebut kita belum mempunyai hak untuk mengajukan klaim.

  • Luas jaminan yang kita ambil tidak sesuai dengan kondisi polis, misalnya  kondisi  polis, jika perluasan jaminan melahirkan tidak kita ambil, maka klaim yang terjadi saat sesorang melahirkan di rumah sakit tidak akan dijamin oleh asuransi, karena jaminan yang diambil hanya jaminan rawat inap akibat penyakit, (karena kehamilan/melahirkan  bukan merupakan penyakit)

  • Kondisi perawatan sakit yang di derita dan mendapatkan perawatan di rumah sakit yang dijalani merupakan kelainan bawaan yang ada sejak lahir.
  
  • Selisih biaya yang timbul karena adanya perbedaan harga kamar yang digunakan selama masa perawatan, sehingga biaya dokter biaya perawatan dan biaya obat obatan akan dibayarkan sesuai dengan plafon perawatan kamar. 

  • Penyakit yang di derita merupakan salah satu jenis penyakit yang dikecualikan dalam polis, sehingga hal tersebut tidak akan dijamin oleh polis. 

  • Dokumen klaim yang diajukan tidak lengkap sehingga klaim tidak dapat diproses, selain itu dapat juga diakibatkan karena terlambat (melebihi waktu yang ditentukan ) dalam memberikan dokumen yang diperlukan sebagai dasar proses klaim. Atau mungkin juga masa berlaku polis sudah habis sehingga otomatis segala klaim yang terjadi tidak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Pada saat kejadian tertanggung melanggar hukum, atau mencoba memperoleh keuntungan dari asuransi dengan memberikan dokumen yang tidak benar (fraud) jika hal ini diketahui oleh pihak asuransi maka klaim akan ditolak.

  • Apakah ada resiko sendiri yang ditetapkan oleh asuransi, yang dapat kita pelajari di polis asuransi yang dimiliki, apabila hal ini masih diterapkan maka saat menerima pelayanan perawatan kesehatan ada biaya yang akan dibebankan kepada pemegang polis. 

Sebagai pengguna jasa asuransi alangkah baiknya apabila akan memproteksi diri dengan asuransi kesehatan, meminta penjelasan dengan jelas dan detail dari perusahaan asuransi, pialang asuransi maupun agen asuransi, sehingga tidak ada penyesalan yang terjadi karena ketidak tahuan atas jenis produk, luas jaminan  dan   prosedur klaim yang diajukan.


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter