Mengajar Anak Untuk Menabung dan Berinvestasi

Mengajar Anak Untuk Menabung dan Berinvestasi

Ketika anak tumbuh semakin besar, kita semakin menyadari pentingnya mengajarkan kepada mereka tentang uang, bagaimana mengelola, cara mendapatkannya dan juga bagaimana kita membelanjakannya. Padahal hal ini sangat penting agar anak mengerti proses semuanya dengan baik. Karena apabila kita tidak mengajarkan hal ini sejak dini maka ada kemungkinan timbul pemahaman yang salah bahwa uang datang dengan sendirinya.

Kita perlu mengajarkan tentang nilai uang dan dengan proses yang benar, artinya sebelum kita memberikan sejumlah uang ada proses usaha atau kerja yang dilakukan oleh anak, misalnya meminta mereka membantu kita melakukan sesuatu dengan disesuaikan usia mereka.

Sehingga anak mengerti sehingga saat menerima uang anak tidak bertindak boros dan dapat menghargai uang. Bagaimana caranya, ada pepatah mengatakan Anak akan lebih mudah mencontoh tindakan orang tua dari pada mendengar perkataan kita.  

  • Maka sebelum kita mengajarkan kepada anak sebaiknya kita terlebih dahulu melakukan investasi dengan rutin ataupun misalnya secara rutin menabung untuk mempersiapkan dana darurat. Dan jelaskan hal ini kepada anak anak bahwa kita pun sebagai orang tua juga  melakukannnya.

  • Kita dapat melatih mereka dengan mempunyai tabungan atau celengan  dan secara rutin kita memberikan uang kepada mereka sambil bermain, sehingga hal ini akan menyenangkan dan menjadi kebiasaan buat mereka, dan ketika mereka dewasa mereka akan menjadi orang yang berkarakter tidak boros.

  • Apabila celengan telah penuh kita dapat memberikan lagi celengan yang baru, sampai pada waktu tertentu kita dapat bersama sama membuka celengan tersebut bersama dengan anak, untuk membeli kebutuhan mereka, sehingga mereka tahu konsep menunda konsumsi untuk tujuan masa datang secara sederhana.

  • Seiring dengan semakin bertambahnya usia nantinya anak dapat dikenalkan dengan instrumen investasi yang lain seperti tabungan dan reksa dana, saham dan instrument investasi lainnya.
Demikianlah tips tips yang sederhana ini semoga bermanfaat dan dapat dilakukan agar anak anak kita memperoleh kecerdasan finansial saat beranjak dewasa.


 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter