Memanfaatkan Bonus Dengan Bijaksana

Memanfaatkan Bonus Dengan Bijaksana

image from : www.news.islandcrisis.net
Sebagai karyawan di suatu perusahaan, apabila dalam tahun berjalan perusahaan memperoleh keuntungan, biasanya perusahaan akan memberikan bonus tahunan kepada karyawan. Bagaimana tips sederhana yang mudah dilakukan oleh semua orang saat memperoleh bonus tahunan.

Melunasi Hutang 
Jika masih mempunyai hutang, baik hutang konsumtif seperti Hutang Kartu Kredit, ataupun hutang KPR dapat dipertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian bonus yang diterima untuk melunasi hutang, terutama diprioritaskan untuk hutang konsumtif yang berbunga tinggi. Jika tidak mempunyai hutang konsumtif mungkin dapat dialokasikan sebagian untuk melunasi hutang KPR. Sehingga di bulan bulan berikutnya akan mengurangi beban cash flow setiap bulannya.

Dana Darurat
Cek dana darurat yang sudah dimiliki, apakah telah mencukupi jumlahnya, idealnya bila sebuah keluarga masih belum dikaruniai anak, mereka membutuhkan  minimal 3 kali dana untuk memenuhi kebutuhan rutin dan kewajiban yang harus dipenuhi yang kita kenal dengan sebutan dana darurat.  Namun apabila telah memiliki satu orang anak atau lebih seringkali memerlukan paling sedikit 6 kali dana darurat.  Sesuai dengan namanya dana darurat hanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat darurat, seperti mengalami PHK, dan lain lainnya. Apabila dari perhitungan sobat sobat dana darurat masih kurang jumlahnya, sebaiknya sisihkan sebagian bonus untuk pembentukan dana darurat.

Menambah Investasi
Bonus yang diperoleh sebagian dapat dialokasikan untuk menambah investasi rutin yang telah dilakukan setiap bulannya sehingga diharapkan dengan adanya bonus yang diterima, dapat menunjang pencapaian tujuan keuangan yang hendak dicapai yang telah ditentukan sebelumnya misalnya untuk pemenuhan DP pembelian rumah, untuk menambah dana pendidikan anak, dan tujuan keuangan lainnya.

Memenuhi kebutuhan yang bersifat keinginan dan konsumsi 
Namanya bonus tahunan sah sah saja apabila dimanfaatkan untuk kebutuhan yang bersifat keinginan ataupun konsumsi seperti rekreasi keluarga, membeli perabot rumah tangga dan sebagian kebutuhan pribadi yang sifatnya konsumsi seperti membeli pakaian sepanjang dlam jumlah yang wajar, sehingga dengan adanya bonus dapat memenuhi sebagian keinginan keluarga. 

Demikian sharing penulis kali ini, semoga dapat menikmati bonus yang diterima, dengan manfaat dan yang optimal dan menunjang pemenuhan kebutuhan masa depan.

Salam


www.jahjasumitro.com





Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter