Liburan yuk biar semangat

Liburan yuk biar semangat

Sebentar tahun ajaran 2015-2016 bagi anak sekolah  akan berakhir, dan masa liburan  sekolah dimulai. Untuk tahun ini, liburan sekolah kali ini cukup spesial karena berdekatan dengan Hari Raya Iedul Fitri. Bagaimana sebaiknya kita mempersiapkan masa liburan tersebut, terutama di dalam mempersiapkan anggaran keuangannya.


img-1464872896.jpg

Apa saja yang perlu kita persiapkan dalam merencanakan anggaran liburan, diantaranya adalah:

Kemana Akan Berlibur

Menetapkan tujuan wisata ke mana keluarga akan berlibur, dalam hal ini ada beberapa pilihan antara berlibur di dalam negeri atau berwisata ke luar negeri. Setelah menetapkan tujuan kemana akan berlibur kita dapat menghitung perkiraan biaya yang harus dipersiapkan. Idealnya perencanaan liburan di rencanakan jauh jauh hari, karena biayanya cenderung lebih murah  dan terukur dibandingkan dengan perencanaan yang dilakukan dalam waktu yang singkat.

img-1464873295.jpg

Hitung biaya transportasi, bagasi dan akomodasi   

Untuk tujuan wisata yang moda transportasinya menggunakan pesawat, hitung terlebih dahulu tiket pesawat untuk berangkat dan pulang ke kota asal serta biaya transportasi yang diperlukan selama berwisata, atau apabila kita menyewa kendaraan maka biaya sewa dan bahan bakar minyak perlu dianggarkan,  tidak lupa juga menghitung biaya akomodasi, yang ditentukan oleh lamanya liburan serta jenis hotel tempat menginap, hotel berbintang tentunya akan mebutuhkan budget yang lebih mahal dibandingkan dengan "guest house". lakukan pemesanan hotel dengan membandingkan beberapa situs on line ataupun melalui travel agent, carilah harga yang paling kompetitif untuk menghemat anggaran.

img-1464876500.jpg
image source : www.panduanwisata.co.id


Tiket Masuk Area Wisata

Biaya masuk ke area wisata,  yang harus dibayar ketika masuk ke area wisata dan tip untuk pemandu wisata, wajib kita anggarkan pula.

img-1464877127.JPG

Biaya Makan dan  Oleh oleh

Wisata kuliner biasanya dilakukan saat kita berwisata ke suatu daerah, sehingga biaya makan sebaiknya dianggarkan demikian juga biaya untuk membeli oleh oleh dengan tujuan menghindari over budget dan kelebihan bagasi.

Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Untuk mengatasi hal hal yang tak terduga, seperti tertinggalnya bagasi, keterlambatan pesawat, sakit saat dalam perjalanan ataupun berwisata, sebaiknya kita mempersiapkan proteksi dengan membeli asuransi perjalanan agar resiko resiko tersebut dapat diminimalisir. http://jahjasumitro.com/asuransi-perjalanan-detail-26537.html

img-1464921171.jpg

Biaya Biaya lainnya

Adalah sejumlah biaya tak terduga yang kita cadangkan dalam perencanaan anggaran wisata, yang tidak termasuk dalam biaya biaya tersebut diatas.

Bagaimana perencanaan keuangan untuk memenuhi biaya tersebut?

Seperti yang penulis ungkapkan di awal idealnya liburan, mudik lebaran dan hal hal lain yang membutuhkan pengeluaran dana lebih besar dari kebutuhan rutin keluarga, sebaiknya dipersiapkan jauh jauh hari sejak kita merencanakan perjalanan wisata tersebut, karena dengan adanya perhitungan jumlah biaya yang akan dikeluarkan misalnya untuk satu tahun ke depan rencana liburan, maka kita dapat hitung dan sisihkan dalam rekening tabungan ataupun reksadana pasar uang setiap bulannya.

Misal diketahui bahwa biaya berlibur membutuhkan dana sebesar Rp 15,000,000 karena liburan akan dilakukan tahun depan dengan asumsi kenaikan biaya 10% berarti biaya liburan diperkirakan sebesar Rp 16,500,000,-  maka dapat dipersiapkan dengan membaginya menjadi 12 bulan  atau menyisihkan biaya per bulannya sebesar Rp 1,375,000,- dan hanya dapat ditempatkan ke dalam tabungan, ataupun reksadana pasar uang karena jangka waktunya hanya 1 tahun, karena apabila ditempatkan dalam instrument investasi lainnya seperti saham, ataupun reksadana pendapatan tetap, reksadana saham akan lebih beresiko terhadap perubahan harga dan kondisi di pasar saham dan obligasi, sehingga pada saat dana akan dipakai apabila pasar sedang bearish (turun) dana untuk liburan akan menjadi terganggu.

img-1464922439.jpg

Semakin lama jangka waktu untuk mempersiapkan anggarn tersebut  akan semakin sedikit jumlah yang harus diinvestasikan setiap bulannya,  dan instrument investasi dan jenis matau uangnya dapat disesuaikan dengan jangka waktu perjalanan wisata tersebut akan dilakukan. Jika perjalanan wisata tersebut akan dilakukan 2 atau 3 tahun ke depan, maka dapat diinvestasikan di dalam instrument investasi reksadana pendapatan tetap. Hal ini dapat mengatasi adanya pengeluaran dalam arus kas bulanan yang terlalu besar, yang akhirnya akan mengganggu aliran kas bulan bulan selanjutnya. Persiapan seperti ini akan lebih baik daripada mengandalkan kartu kredit untuk membiayai liburan ini, karena setelah liburan berakhir kita masih mempunyai kewajiban untuk membayar cicilan kartu kredit, apalagi jika cicilan tersebut didalamnya ada sejumlah bunga yang harus dibayar.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 
Untuk menghitung anggaran biaya tersebut diatas kami sertakan link yang dapat membantu teman teman dalam memperkirakan biaya liburannya


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter