Evaluasi Pertumbuhan dan Kondisi Asset  2015

Evaluasi Pertumbuhan dan Kondisi Asset 2015

Menjelang akhir tahun beberapa diantara kita sering mengevaluasi kembali perjalanan pertumbuhan asset, ketika kita berbicara tentang asset, hendaknya  tidak terbatas pada asset keuangan saja, karena masih banyak asset asset yang lainnya yang terkait dalam keseharian kita.

Kira kira apa saja yang termasuk dalam enam asset yang penting dalam kehidupan kita yang perlu kita evaluasi:

Asset Rohani (spiritual asset)
  • Merupakan hal yang penting di dalam kehidupan kita, karena sebagai umat yang percaya kepada Tuhan, kita sangat meyakini bahwa apa yang kita lakukan dan putuskan di dalam setiap kehidupan kita boleh terlaksana karena Rahmat dari Tuhan. Dalam hal ini mari kita mengevaluasi bagaimana hubungan kita secara pribadi dengan "Sang Pencipta" yang kita implikasikan di dalam seluruh kehidupan kita  termasuk pekerjaan, investasi dan pengelolaan keuangan keluarga di tahun 2015

Asset Jiwani (soul asset)
  • Adalah asset yang berhubungan dengan keahlian dan kecerdasan intelektual yang kita miliki, karakter dan kapasitas dalam menghadapi kehidupan, pengalaman kerja serta kreatifitas yang kita miliki, termasuk didalamnya bagaimana keinginan kita untuk terus belajar dan bertindak lebih professional di dalam pekerjaan kita termasuk meningkatkan diri dengan kursus, sekolah ataupun sertifikasi untuk memperluas kapabilitas dan meningkatkan keahlian di tahun 2015, apabila dirasa kurang maka di tahun 2016 kita perlu menganggarkan dana untuk sekolah ataupun mengikuti kursus guna meningkatkan asset jiwa kita.

Asset Tubuh (body asset)
  • Kesibukan sehari hari sering membuat kita sering melupakan asset yang satu ini, padahal menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang terpenting dalam mewujudkan cita cita ataupun karya besar di dalam pekerjaan ataupun kehidupan kita. Karena pekerjaan dan bisnis yang sukses dan tujuan keuangan yang luar biasa  tanpa tubuh yang sehat akanlah sulit untuk diwujudkan, dan akhirnya tanpa tubuh yang sehat kita tidak dapat menikmati dengan maksimal seluruh hasil kerja keras yang telah dilakukan, mari kita mengevaluasi dengan hal hal yang sederhana yang terjadi di tahun 2015 seperti, bagaimana cara dan pola makan dengan nutrisi yang seimbang selama tahun ini, berapa sering kita berolah raga dan melakukan cek kesehatan, serta bagaimana pola jam tidur dan beristirahat. Apabila hal ini di rasa kurang di tahun 2015, di tahun depan mungkin dapat diatur jadwal dengan teratur, atau bahkan budget untuk berolah raga di suatu tempat.

Asset Hubungan (network asset)
  • Asset hubungan merupakan hal yang penting dimana sebagai pebisnis maupun professional nama baik perlu dijaga karena merupakan "image" yang penting dalam kehidupan kita. Termasuk di dalamnya adalah menjaga hubungan yang baik dengan para sahabat, relasi bisnis & sosial serta para pelanggan kita,  seringkali keberhasilan didalam karier dan bisnis kita tidak hanya ditentukan oleh keahlian ataupun  kepandaian kita saja,  namun hubungan yang baik  dan jaringan pertemanan yang luas tidak kalah penting dalam kesuksesan tersebut. Prinsip 1000 teman terlalu sedikit, namun 1 musuh terlalu banyak perlu selalu dikembangkan untuk kemajuan karier dan bisnis kita. Mari kita evaluasi berapa banyak kita menambah teman dan sahabat pada tahun 2015 baik melalui bisnis, relasi  maupun media sosial.  

Asset keluarga (family asset)
  • Dibalik karier dan bisnis yang sukses,  terdapat keluarga yang selalu mendukung kesuksesan mari kita review bagaimana kita menghabiskan waktu bersama dengan keluarga yang penuh kegembiraan, keterbukaan, dan selalu mendukung selama tahun 2015, 

Harta Benda (financial asset)
  • Pada kesempatan akhir tahun ini kita mengevaluasi bagaimana hasil investasi baik yang berupa deposito, saham, reksadana, dan lain lain, caranya adalah dengan membandingkan dengan bench mark yang ada contohnya untuk reksadana pasar uang akan kita bandingkan dengan index reksadana pasar uang, demikian juga untuk reksadana pendapatan tetap dan saham kita bandingkan dengan index yang ada untuk menilai kinerjanya. Untuk saham kita bandingkan dengan kinerja IHSG apabila hasil yang dicapai kurang maksimal, kita mengevaluasi dan dapat melakukan perubahan dalam penempatan asset investasi untuk tahun berikutnya, namun hendaknya hal ini perlu disesuaikan dengan tujuan keuangan, jangka waktu  dan profil resiko yang sesuai dengan diri kita.

Dengan membuat evaluasi pribadi atas enam asset tersebut diatas, diharapkan pada tahun 2016 yang akan datang kita dapat memperbaiki apa yang kurang maksimal di tahun 2015. 

Sehingga apabila memerlukan perubahan anggaran, waktu dan pola investasi yang dilakukan pada tahun 2016.  Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan kedepannya semakin maksimal dan optimal seluruh asset kehidupan yang kita miliki. 

Namun perlu diingat bahwa setiap tahapan perencanaan dalam keuangan tentunya membutuhkan proses dan waktu, karena tidak ada sesuatu yang instant dalam berinvestasi. Demikianlah renungan singkat tentang asset,  semoga bermanfaat. 

Selamat Tahun Baru 2016 Sukses Selalu Untuk Kita Semua , God Bless you

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter