Emas Dalam Portofolio Investasi

Emas Dalam Portofolio Investasi

Mengapa orang cenderung berinvestasi dalam bentuk emas batangan secara fisik


Secara umum banyak orang berinvestasi emas batangan secara fisik karena beberapa hal berikut ini, harga cenderung naik dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun) kebal inflasi dan likuiditas yang tinggi, artinya sewaktu waktu dibutuhkan sangat mudah dijual.

(penjelasan inflasi dapat dilihat di video yang ada dalam website ini)

Bagi sebagian orang investasi ini mungkin merupakan investasi yang paling sederhana, karena kita hanya membeli emas dengan uang yang menganggur dan menyimpannya dalam jangka waktu yang lama dan pada saat yang dibutuhkanemas tersebut dijual dan keuntungan dari selisih harga jual dan beli itulah yang menjadi keuntungan dalam berinvestasi emas.

img-1461019338.jpg

Investasi emas cocok digunakan untuk apa?
Investas emas cocok digunakan untuk tujuan keuangan jangka panjang, karena emas dipercaya dapat mengalahkan inflasi. Inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa dari waktu ke waktu.

Jenis Jenis Investasi Emas
  • Investasi secara fisik yaitu membeli emas batangan secara fisik`dimana setiap pembelian kita harus menyediakan dana sebesar harga emas.

  • Investasi emas berjangka dalam kontrak berjangka, kita tidak memegang fisik emas, namun hanya memegang kontrak, apabila pada saat jatuh tempo harga emas lebih tinggi dari harga dalam kontrak maka investor memperoleh keuntungan dan sebaliknya. Resiko investasi dalam emas berjangka lebih tinggi karena harus didukung kemampuan untuk menganalisa pergerakan emas, itulah yang menjadi kunci dalam investasi emas berjangka dan seluruh investasi ini diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
img-1461021226.jpg

Dalam hal ini menurut pandangan penulis untuk pemula sebaiknya berinvestasi dalam bentuk emas fisik, dan disarankan dalam bentuk emas batangan atau logam mulia, dari pada perhiasan, karena untuk emas batangan saat dijual biasanya harus di toko dimana kita membeli dan ada potongan tertentu sebagai ongkos pembuatan. Sedangkan emas batangan biasanya ada sertifikatnya, misalnya dari Antam ataupun LBMA

img-1461021317.jpg


Harga emas secara umum dipengaruhi oleh beberapa hal sbb:
  • Karena Emas merupkan komoditi maka kenaikan emas akan dipengaruhi oleh penawaran dan permintaannya secara global di dunia

  • Kondisi ekonomi global, biasanya saat terjadi resesi atau krisis harga emas naik.

  • Dollar Amerika, saat dolar amerika menguat, harga emas cenderung stagnan ataupun turun, demikian juga sebaliknya.

Emas dapat dijadikan sebagai salah satu bagian dalam membentuk portfolio investasi, selain saham, surat hutang negara dan obligasi reksadana, bisnis, ataupun property.  Komposisi yang nyaman dalam mendiversifikasi resiko sangat diperlukan seseorang dalam membentuk portofolio untuk mencapai tujuan keuangan mengikuti waktu yang telah ditetapkan sejak awal investasi.

img-1461029820.jpg
Faktor faktor yang mempengaruhi harga emas di Indonesia

Penentuan harga emas di Indonesia sangat dipengaruhi oleh nilai tukar kurs mata uang rupiah terthadap dollar Amerika dan harga emas di pasar internasional, sehingga walaupun saat harga emas dunia turun, namun apabila saat itu kurs rupiah dibandingkan dengan dollar Amerika  sedang melemah, maka kemungkinan harga emas di Indonesia masih tinggi ataupun penurunannya tidak signifikan dengan harga emas secara internasional.   

Demikianlah sharing dari penulis tentang investasi emas, semoga bermanfaat, God Bless You


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter