Belanja On Line Namun Tetap Hemat

Belanja On Line Namun Tetap Hemat

Image taken from  bisnisukm.com
Pembaca yang budiman, di masa era digital seperti sekarang ini, banyak kita jumpai situs situs belanja on line. Bagaimanakah sikap kita dalam menghadapi era ini, apa yang mesti kita lakukan agar tujuan keuangan yang telah kita tetapkan tetap dapat tercapai. Kali ini penulis akan membahas tentang belanja on line.

Ya saat ini bila kita akan membeli keperluan, kita dapat melakukannya dengan sangat mudah karena dengan datangya era digital semua dapat kita lakukan dimana saja sesuai dengan ketersediaan waktu dan kesempatan yang dimiliki oleh setiap orang.

Situs belanja on line memberikan banyak sekali kemudahan kepada kita, jika kita dapat memanfaatkan dengan cerdas, karena keberadaan situs situs tersebut dapat memberikan manfaat yang positip bagi arus keuangan (cash flow) bulanan. 

Contohnya dengan berbelanja melalui situs on line kita akan menghemat waktu, dan dapat memperoleh harga yang lebih kompetitif. Caranya kita dapat  membandingkan harga barang yang kita cari, diantara beberapa situs belanja sehingga kita memperoleh barang yang sesuai kebutuhan dengan harga yang murah.

Keberadaan situs belanja on line bila dimanfaatkan dengan bijak dapat juga menurunkan biaya bahan bakar, tol dan parkir yang dikeluarkan untuk keperluan transportasi dalam hal  belanja barang kebutuhan keluarga yang dibutuhkan.

Namun kita  harus selalu bertindak bijaksana dalam memanfatkan kemajuan teknologi saat ini, dengan beberapa langkah atau tips sebagai berikut:

  • Setiap pengeluaran atau pun pembelanjaan harus sudah dianggarkan dalam anggaran yang telah disusun sebelumnya.

  • Di dalam prakteknya, harus memahami bahwa saat kita berbelanja melalui situs belanja on line pada dasarnya secara fungsi dan tujuannya sama dengan ketika kita berbelanja secara konvensional. Artinya ketika kita berbelanja melalui situs on line kita  menyadari bahwa kita sedang membelanjakan uang  dan mengurangi arus kas  serta jumlah uang yang dimiliki. Sehingga harus dipastikan bahwa saat bertransaksi dengan kartu kredit untuk membeli barang, dana yang akan digunakan benar benar telah  dimiliki dan dianggarkan dalam anggaran keluarga. 

  • Membeli barang dan jasa yang memang dibutuhkan sehingga tujuan penghematan biaya transportasi dan efisiensi waktu serta membeli barang dengan harga lebih murah  melalui situs on line dapat tercapai. 

  • Apabila menggunakan fasilitas kartu kredit, harus dipastikan bahwa kartu kredit hanya berfungsi sebagai fasilitas pembayaran untuk  bertransaksi secara on line, namun kartu kredit bukan merupakan penghasilan tambahan, sehingga hindari belanja berlebihan yang menimbulkan hutang konsumtif baru yang menjadi beban arus kas setiap bulan.

  • Pastikan situs yang dikunjungi untuk belanja on line, adalah situs yang dapat dipercaya serta aman, sehingga mengurangi potensi kerugian yang muncul dari kejahatan secara on line antara lain dicurinya data kartu kredit yang akan menimbulkan masalah bila dimanfatkan oleh pihak pihak yang kurang bertanggung jawab.  Kerugian tidak terkirimnya barang yang telah dibayar dan dibeli melalui situs belanja on line. 

Sekian tips yang diberikan oleh penulis, semoga bermanfaat bagi pembaca yang sering melakukan pembelian barang secara on line. Ingat anggaran,  dan hanya membeli barang yang memang dibutuhkan serta  jangan lupa rutin berinvestasi untuk masa depan.

 

 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter