Bebas Jerat Hutang melalui Perencanaan Keuangan

Bebas Jerat Hutang melalui Perencanaan Keuangan

Image taken from : www.degreesource.com
Apabila saat ini ada pribadi yang masih memiliki hutang hutang konsumtif dan dirasakan sudah sangat mengganggu arus kas bulanan, serta menimbulkan beberapa persoalan yang baru, jangan menyerah, karena semua ada jalan keluar apabila mau berusaha dan mendisiplinkan diri, selain merubah kebiasaan yang kurang baik dalam hidup kita.

Ada beberapa solusi yang mungkin dapat dicoba untuk dilakukan agar dapat bebas dari jerat hutang tersebut, diantaranya:
  • Stop berhutang atau mencari hutang baru, dengan mulai menyesuaikan kebutuhan hidup rutin kita seuai dengan   kemampuan pendapatan setiap bulannya. Artinya merubah pola konsumsi bulanan dengan menurunkan gaya hidup sesuai dengan penghasilan yang diterima. Kita belajar setia dan bersyukur serta bertanggung jawab  atas rezeki yang Tuhan berikan. 

  • Katakan tidak pada tawaran hutang konsumtif yang baru, ataupun penawaran jasa yang belum kita perlukan yang pembayarannya dilakukan secara auto debet kartu kredit

  • Pada saat musim discount tetap mengontrol pengeluaran dengan tidak membeli barang yang sama dalam jumlah banyak, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan kita, bayarlah dengan uang tunai.

  • Tetap membayar hutang yang sudah ada, dan bertanggung jawab menyelesaikannya agar tetap mempunyai akses yang baik ke lembaga pembiayaan, sebab apabila kita tidak membereskannya hutang tersebut akan tetap membebani arus kas kita setiap bulannya.

Langkah langkah perencanaan keuangan dalam menyelesaikan hutang antara lain;
  • Apabila kita memiliki beberapa hutang sebaiknya membayar terlebih dahulu hutang yang berbunga paling tinggi, atau menyelesaikan terlebih dahulu hutang yang jumlahnya paling sedikit.

  • Mengevaluasi gaya hidup kita, dan menurunkannya dibawah pendapatan kita.

  • Buat langkah prioritas keuangan yaitu melunasi seluruh hutang konsumtif dan mengusahakan arus kas yang positip setiap bulannya

  • Senantiasa mengevaluasi arus kas bulanan, serta cek apakah ada asset yang kita miliki yang bisa kita jual untuk melunasi sebagian atau seluruh hutang tersebut.

  • Meningkatkan penghasilan dengan kreatifitas yang dimiliki misal membuat kue, atau makanan untuk dijual sehingga mendatangkan penghasilan tambahan diluar gaji atau pendapatan rutin biasanya, atau bisa juga menulis kolom di majalah atau surat kabar, apabila memiliki hobi menulis untuk menambah pendapatan.

  • Jika perlu bernegosisai dengan kreditur agar memperoleh keringanan bunga, atau mencicil tanpa bunga dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan lembaga keuangan di mana kita berhutang.

Lakukan hal tersebut sampai hutang konsumtif tersebut dilunasi, sehingga di kemudian hari dapat berinvestasi kembali, serta dengan memiliki keuangan yang sehat semakin dapat memberikan dampak yang positip bagi orang orang di sekitar hidup kita. 

Silakan down load e-book di bawah ini tentang  Bebas Hutang Banyak Kesempatan melalui link di bawah ini . GBU   


 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter