Banjir Apakah Kerusakan Mobil Diganti  Asuransi

Banjir Apakah Kerusakan Mobil Diganti Asuransi

Image taken from :bandung.pojoksatu.id
Apa kabar teman teman, saat ini di Bandung sering sekali hujan, hampir setiap hari Bandung di guyur hujan dari yang tingkat hujan sedang sampai menimbulkan banjir di beberapa tempat. Tentunya bagi teman teman yang tinggal di Bandung tahu, ada dua kali banjir yang terjadi di sekitar kota Bandung, salah satu bencana banjir tersebut menyebabkan beberapa mobil terendam air dan bahkan ada yang hanyut terbawa arus dan dibutuhkan usaha yang cukup serius untuk mengangkat kembali mobil tersebut

Yang menjadi pertanyaan, apakah kerugian akibat peristiwa tersebut diganti oleh perusahaan asuransi, jika seseorang telah mengasuransikan mobilnya. Ada dua point dalam hal ini yang per lu diketahui antara lain:

Luas Jaminan Polis Asuransi.
Apabila pemegang polis tersebut hanya membeli polis Total Loss Only dimana pihak asuransi akan mengganti kerugian yang diakibatkan oleh, tergelicir, benturan dan tabrakan di mana biaya untuk memperbaiki kerugian atas mobil tersebut mencapai 75% dari harga mobil yang diasuransikan. Dalam kasus bencana banjir di Bandung ini, bencana banjir tersebut menyebabkan kerusakan parah bagi beberapa mobil  sehingga biaya  untuk memperbaiki mobil tersebut telah mencapai 75% dari harga mobil apakah hal tersebut diganti oleh perusahaan asuransi?

Dalam kejadian ini walaupun mobil tersebut mengalami kerusakan seperti gambaran di atas, namun polis asuransi kendaraan Total Loss Only  tidak menjamin kerusakan mobil tersebut. karena dalam prinsip asuransi kita mengenal adanya proximate cause (penyebab utama  menyebabkan kerugian itu terjadi, dalam hal ini penyebab utama adalah luapan air sungai/banjir) sehingga apabila polis tidak mempunyai perluasan jaminan Act of God /bencana alam (meliputi gempa bumi, banjir ) tidak akan memperoleh penggantian.

Bagaimana apabila Polis Asuransi Kendaraan yang dimiliki pemegang polis adalah polis All Risks yang mana luas jaminannya adalah memberikan penggantian atas kerugian yang diakibatkan atas tergelincirnya, terguling, tabrakan yang mengakibatkan kerugian diatas resiko sendiri, Di mana saat ini resiko sendiri yang berlaku saat ini adalah sebesar Rp 300,000 per kejadian.  Apakah kerugian yang terjadi akibat banjir  yang mengakibatkan mobil terbawa arus dan mengalami kerusakan yang cukup parah tersebut dijamin dalam polis asuransi kendaraan dengan jaminan All Risks. Meskipun polis tersebut merupakan polis All Risks bukan berarti semua resiko di jamin, namun ada juga pengecualian-pengecualian yang berlaku seperti kerusakan akibat serangga, keausan dan lainnya, sehingga kita harus membaca lebih lanjut polis tersebut.

Polis Asuransi Kendaraan All Risk yang menjamin hal ini apabila diperluas dengan resiko Act Of God/bencana alam yang meliputi kerugian karena gempa bumi, dan banjir. Sehingga bila asuransi kendaraan tersebut tidak diperluas dengan jaminan ini kerugian seperti kasus banjir yang terjadi di Bandung tersebut tidak akan di jamin dalam polis.

Buat para sahabat, mohon apabila membeli polis asuransi apapun harap di baca, dan tanyakan hal hal lain yang ada di dalam polis, termasuk hal hal yang tidak di mengerti, karena polis asuransi menggunakan bahasa hukum yang belum tentu dipahami oleh pemegang polis.

Untuk mempermudah hal ini sahabat dapat mempergunakan jasa broker asuransi kerugian, dimana pihak broker dalam hal ini kedudukaannya akan mewakili tertanggung dalam bernegosiasi dengan perusahaan asuransi dan akan membantu memberikan saran dan penjelasan atas kondisi polis atau pada saat mengajukan klaim apabila ada kerugian yang di derita oleh tertanggung. Apabila ada hal yang kurang jelas jangan segan untuk mengubungi penulis

Salam


www,jahjasumitro.com

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter