Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga untuk siapa

Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga untuk siapa

Dalam praktek sehari hari ada baiknya kita mengetahui apakah kita perlu untuk mempunyai Public Liability Insurance (Tanggung Jawab Hukum Pihak ketiga). Hal ini umumnya diperlukan oleh usaha seperti, rumah makan, toko, salon, hotel , termasuk rumah tinggal pribadi kita. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas hal ini dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh semua pembaca

Mengapa hal ini dibutuhkan bagi pengusaha yang memiliki operasional suatu bisnis,  karena dengan melihat karakteristik dari usaha berupa toko, rumah makan, hotel (guest house) biasanya tamu atau pelanggan datang ke tempat usaha dan membeli barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga ada kemungkinan dalam operasional kegiatan usaha ada kemungkinan kelalaian yang terjadi di tempat usaha tersebut yang mengakibatkan adanya tuntutan hukum yang timbul, akibat kerugian yang dialami oleh pihak ketiga.

Secara umum hal -hal yang dijamin oleh asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah sebagai berikut:

Menjamin kerugian yang terjadi kepada pihak ketiga yang diakibatkan oleh kelalaian tertanggung dalam menjalankan operasional usaha serta adanya tuntutan hukum ataupun ganti rugi dari pihak ketiga atas kelalaian yang dilakukan tertanggung. 

Tuntutan hukum dalam bentuk  apa yang  dijamin asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga ini? 
Tuntutan yang dijamin biasanya berbentuk atas kejadian luka badan (bodily injury) dan kerusakan pada harta benda ( property damage) yang dialami oleh pihak ketiga (pengunjung) saat berkunjung atau membeli barang dan jasa di tempat usaha tersebut.

Perluasanan jaminan atas Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga  
Luas jaminan parkir apabila kerugian pihak ketiga terjadi juga di dalam area parkir milik tertanggung.

Luas jaminan yang menjamin apabila ada pengunjung yang keracunan setelah makan dan minum di tempat usaha tersebut

Kerugian ataupun kehilangan barang barang yang dititipkan oleh pengunjung di bagian penitipan pihak hotel. 

Kerugian ataupun kerusakan yang terjadi apabila ada bagian dari bangunan tertanggung yang jatuh dan menimpa bangunan ataupun orang lain.

Contoh kejadian yang mungkin muncul di tempat usaha berupa rumah makan antara lain, pengunjung yang keracunan makanan setelah makan di rumah makan dan menuntut ganti rugi pengobatan atas keracunan yang dialami pengunjung.

Seorang pengunjung salon terpeleset dan mengalami cedera pada saat petugas kebersihan membersihkan lantai, sehingga menuntut ganti rugi kepada pemilik salon.

Namun dalam polis tanggung jawab hukum pihak ketiga ini ada juga hal hal yang dikecualikan yang biasanya dikenal dengan sebutan "consequential of loss" misalnya rasa malu akibat jatuh di tempat umum, akibat jatuh tersebut tidak bisa berjalan dan kehilangan suatu pendapatan yang besar, dan resiko sendiri yang ditetapkan oleh penanggung, kerugian ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh perang dll. 

Demikianlah sharing penulis kali ini, apabila ada hal hal yang belum dimengerti jangan segan untuk menghubungi penulis melalui email ataupun melalui website yang ada.










 



 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter