Apakah Neraca Keuangan Anda Sehat

Apakah Neraca Keuangan Anda Sehat

Kita baru saja melewati tahun 2015,  untuk itu penulis mengucapkan selamat tahun baru 2016  sukses dan kebahagian selalu menyertai anda. 

Biasanya pada awal tahun banyak diantara kita membuat resolusi yang akan dilakukan pada tahun tersebut untuk memperbaiki apa yang sudah ada ataupun yang kurang di tahun sebelumnya. Demikianlah pula dalam hal keuangan,  kita perlu membuat suatu neraca sehingga dari neraca pribadi tersebut kita akan melihat jumlah kekayaan bersih kita.

Tujuan kita memahami ataupun membuat neraca pribadi adalah agar kita mengetahui posisi keuangan kita saat ini sebelum merencanakan tujuan keuangan selanjutnya.

Apa saja yang ada di dalam neraca tersebut  semua asset baik asset lancar maupun asset investasi dan asset pribadi  serta kewajiban jangka pendek dan semua kewajiban jangka panjang yang kita miliki. 

Yang kita masukkan dalam asset lancar adalah asset  yang mudah dijadikan uang tunai antara lain kas, deposito 1bulan dan tabungan serta nilai tunai asuransi jiwa, reksa dana pasar uang.

Sedangkan asset investasi adalah asset-asset yang dapat memberikan passive income ataupun capital gain seperti rumah yang disewakan, reksa dana, saham, dan property lainnya yang di sewakan.

Sedangkan asset pribadi atau asset guna pakai adalah asset asset yang kita pakai sendiri seperti rumah yang kita tempati, mobil dan motor yang kita pakai sehari hari yang tidak mendatangkan penghasilan, namun kita harus merawat dan membayar pajaknya dengan uang dari aliran kas (cash flow) kita sendiri.

Selanjutnya kita masukkan pula dalam daftar tersebut semua kewajiban atau hutang kita baik hutang jangka pendek seperti hutang kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan hutang jangka panjang seperti kredit pemilikan rumah, kredit pemilikan apartment.

Setelah kita memasukkan semua data, maka kita akan ketahui berapa kekayaan bersih kita, apakah positip atau negatip. Kekayaan bersih yang positip  artinya kita sudah dapat mengelola keuangan kita dengan cukup baik. Sedangkan kekayaan bersih yang negatip artinya kita perlu mereview kembali cara membelanjakan uang kita, ataupun cara kita dalam investasi dan instrumen investasi yang kita pilih belum maksimal.   

Setelah kita mengetahui nilai kekayaan bersih  mari  kita bandingkan dengan rumus kekayaan bersih yang berlaku secara umum dibawah ini.

Jumlah Penghasilan Setahun (Termasuk Bonus dan THR yang diterima) X Umur Sekarang

____________________________________________________________________________

                                                                  10

Bagaimana hasilnya, apakah neracanya sesuai yang diinginkan? Kami ucapkan selamat apabila kondisi neraca anda sudah bagus, terus tingkatkan dan jangan lupa bersyukur kepada Tuhan. Namun apabila neraca pribadi anda belum sesuai dengan yang diinginkan jangan sedih berputus asa, masih ada kesempatan untuk terus memperbaiki secara konsisten dalam waktu tertentu. 

Selalu ada jalan asalkan kita mau merubah pola konsumsi yang salah atau mungkin instrumen investasi yang dipilih tidak tepat, untuk berinvestai dengan benar diperlukan kemauan, ketekunan  dan waktu untuk belajar.

Untuk mempermudah pembaca menilai dan mengetahui kekayaan bersih yang dimiliki, penulis membagikan free excel yang dapat dipakai untuk menganalisa kekayaan bersihnya (mohon sabar menunggu sejenak)


Silakan anda memanfaatkannya  dan share artikel dan alamat website ini kepada sahabat sahabat lainnya agar semakin banyak sahabat yang memperoleh manfaat. Apabila kita menabur dengan tulus, percayalah kita akan menuai hal yang baik juga dalam kehidupan kita. God Bless You


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter