Anggaran  Dalam Keluarga

Anggaran Dalam Keluarga

Menyusun suatu anggaran dalam keluarga dapat menolong untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Karena dengan anggaran kita dapat melihat kembali terhadap pola aliran kas, terutama mengetahui kemana arahnya pendapatan kita, yang tercermin dalam pos pengeluaran.

Sehingga dengan adanya anggaran kita akan dapat mengevaluasi pengeluaran tertentu dalam jangka waktu tertentu, sehingga kita dapat menyesuaikan atau pun mengaturnya kembali  dengan kondisi yang sesuai dengan keadaan keuangan keuangan kita.

Apa gunanya anggaran dalam keluarga kita
  • Untuk memberikan arahan agar semua pengeluaran diatur tidak melebihi pendapatan yang diterima setiap bulannya.

  • Untuk dapat memenuhi biaya yang bersifat rutin dan kita dapat mengevaluasinya kembali.

  • Dengan anggaran kita dapat mempersiapkan tujuan keuangan misalnya menyusun dana darurat ataupun tujuan keuangan jangka panjang lainnya dan berinvestasi.

Mencatat pengeluaran berguna dalam hal sebagai berikut,
  • Mengevaluasi anggaran dan realisasinya dari setiap biaya yang ada.

  • Melakukan perbaikan atas biaya biaya yang terlalu besar atau pun mendatangkan masalah bagi arus kas kita setiap bulannya.

Bagaimana cara memanfaatkan anggaran
  • Secara garis besar dengan mencatat seluruh pendapatan dan pengeluaran baik pengeluaran yang rutin dan tidak rutin, lakukanlah dengan mencatat setiap hari.

  • Bandingkan dalam jangka waktu tertentu sambil kita evaluasi sampai anggaran benar benar  sudah sesuai dengan kondisi keuangan kita,  patuhilah anggaran yang telah kita buat sehingga membentuk pola keuangan kita, diharapkan dalam jangka waktu tertentu kita menjadi terbiasa dengan pola penggunaan uang yang sehat.

Kapan anggaran harus kita sesuaikan kembali
  • Setelah jangka waktu tertentu, misal dengan adanya inflasi maka anggaran harus kita sesuaikan

  • Apabila jumlah tanggungan kita bertambah, misal kita menanggung orang tua ataupun ada kelahiran anggota keluarga yang baru

  • Kondisi ekonomi secara mikro dan makro, misal adanya penurunan income ataupun saat masa resesi secara umum ada pengeluaran yang harus kita sesuaikan anggarannya 

Hambatan terbesar dalam mengatur dan melaksanakan anggaran adalah adanya kebutuhan yang tak terduga yang belum sempat diantisipasi, misal sakit, namun belum punya dana darurat dan asuransi, maka diharapkan di dalam anggaran  perlu juga disiapkan tujuan seperti mempersiapkan dana tunai di tabungan untuk danan darurat,  ataupun menyediakan pos pengeluaran untuk asuransi.  

Selain itu hambatan yang lain yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga komitmen kita untuk melakukan pola pengeluaran yang telah kita susun dalam anggaran, sebab anggaran tidak akan berguna lagi, apabila kita sering melanggar dengan melakukan pengeluaran ataupun pembelian barang yang tidak terencana (impulse buying).

Usahakan menjaga kondisi kesehatan keuangan keluarga dengan baik dan terencana, karena ketika kita setia dalam mengatur hal hal yang kecil, diharapkan kita dapat melakukan  hal hal yang lebih besar dengan penuh tanggung jawab dalam hidup kita.  

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial
Facebook
Twitter